REVISI UU ANTITERORISME: Dukung Asal Tidak Langgar HAM

0

PARTAI NasDem mendukung revisi  atas UU No 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (Antiterorisme). Diakui UU tersebut masih memiliki kelemahan.

Salah satu kelemahan paling mendasar pada UU Antiterorisme tersebut  adalah tidak bisa menjangkau orang-orang yang sedang mempersiapkan atau merencanakan aksi teror. UU itu hanya memberi ruang kepada polisi untuk menindak para pelaku pascaterjadinya tindak pidana terorisme.

Jika UU tersebut tidak direvisi, aparat keamanan mengalami kesulitan memberantas kelompok teroris meskipun  polisi sudah melacak keberadaan teroris.

Partai NasDem mendukung revisi UU Antiterorisme sepanjang tindakan preventif yang dilakukan pihak-pihak berwenang tidak melanggar hak-hak asasi manusia. Oleh sebab itu peran lembaga intelijen harus diperkuat dan deradikalisasi dilakukan secara konsisten.

Partai NasDem konsisten dengan NKRI. Oleh sebab itu siapa pun yang berusaha mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain (termasuk ideologi yang berbasis agama) apalagi dengan cara kekerasan harus dilawan. NKRI harga mati. []

Leave a Reply

%d bloggers like this: