5 Bakal Calon Bupati Cirebon Teken Pakta Integritas

0

CIREBON, JABAR (1 Mei): NasDem Kabupaten Cirebon telah menerima lima orang yang mendaftar sebagai bakal calon bupati untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Cirebon 2018 mendatang.  Ke lima orang tersebut datang dari berbagai kalangan.  Mulai dari pengusaha hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ke lima orang yang telah mendaftar memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik untuk diajukan sebagai bakal calon. Nantinya kelima bakal calon itu wajib mengikuti mekanisme yang ada yaitu disurvei lembaga yang ditunjuk. Hal demikian disampaikan Sekjen DPP NasDem, Nining Indra Saleh, di Kantor DPD NasDem Kabupaten Cirebon, Senin (01/05).

“Nanti hasil survei itu akan dibawa ke DPP untuk ditentukan. Yang pasti kita gulirkan politik tanpa mahar,” ungkap Nining.

Sementara itu Ketua DPD NasDem Kabupaten Cirebon, Sukaryadi mengatakan, partai yang dipimpinnya saat ini hanya memperoleh empat kursi di dewan sehingga harus kerja keras untuk menentukan calon terbaik yang akan maju dalam Pilbup Cirebon 2018.

Sukaryadi yang juga ikut mendaftar sebagai salah satu calon itu mengatakan, pihaknya siap mendukung jika nantinya bukan dia yang dipilih partai dalam Pilbup 2018. Namun yang terpenting baginya, sebagai ketua harus bisa maksimal dan memberikan dukungan terhadap siapapun agar Partai NasDem semakin ‘berkibar’ di Kabupaten Cirebon.

“Tadi sudah ada pakta integritas dan perjanjian. Siapa pun yang kelak terpilih jadi calon itu akan menjadi anggota Partai NasDem, walaupun sebelumnya dari partai lain atau non partai,” tegas Sukaryadi.

Agus Supriadi, salah seorang pengusaha yang ikut mendaftar mengaku optimis akan dipilih sebagai calon dari Partai NasDem karena sudah memiliki bekal dukungan dari masyrakat yang cukup besar.

“Motivasi saya sebagai Cabup Cirebon karena daerah ini butuh orang yang berani dan bertindak nyata. Sekarang ini Cirebon tidak berjalan cepat dalam pembangunan, bahkan menurun. Sehingga saya optimis. Kalau tidak optimis tidak mungkin saya daftar,” tuturnya.

Di luar Sukaryadi dan Agus, ada tiga nama lain yang telah mendaftar. Mereka adalah Rakhmat, (Ketua Hanura Kabupaten Cirebon), Yon Suharyono (Pengusaha), dan Kalinga (Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon).

Setelah melalui proses verifikasi, kelima calon akan mengikuti proses survei yang dilakukan masing-masing dengan menggunakan lembaga yang ditentukan Partai NasDem. Selanjutnya hasil survei akan menjadi acuan bagi DPP NasDem dalam memilih calon yang akan maju dalam Pilbup Cirebon 2018.(*)

Share.

Leave a Reply