NasDem NTT Jaring Bacaleg di Tiga Zona

0

KUPANG (3 Mei): Partai NasDem sudah melakukan penjaringan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di seluruh wilayah Indonesia untuk semua tingkatan. Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka penjaringan bacaleg yang dipusatkan di tiga zona.

Tiga zona itu adalah Flores, Sumba dan Timor. Untuk zona Flores dan Sumba, penjaringan bacaleg sudah berakhir sejak 30 April, sedangkan penjaringan bacaleg untuk zona Timor dilakukan mulai Rabu (3/5) dan akhir berakhir pada Kamis (4/5).

Tiga zona tersebut mewakil 22 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur. “NasDem menjaring bakal caleg 200% dari jumlah kursi di setiap daerah pemilihan meliputi caleg untuk DPR, DPRD I dan DPRD II,” kata Sekretaris DPW NasDem NTT Alexander Take Ofong di Kupang, Rabu (3/5).

Mereka yang sudah terjaring, akan melakukan sosialisasi ke masyarakat di daerah pemilihan hingga 2018. Setelah itu NasDem melakukan survei guna menjaring lagi bacaleg untuk ditetapkan menjadi caleg.

“Penetapan caleg sebesar 80% dari jumlah kursi di daerah pemilihan, sedangkan 20% lagi menjadi kewenangan DPP NasDem,” ujarnya.

Menurut Alexander, sisa 20% persen tersebut akan diisi tokoh-tokoh masyarakat yang mungkin belum dijaring NasDem di tingkat provinsi, termasuk keterwakilan perempuan ditetapkan sebesar 30%. “Jika tidak ada lagi tokoh untuk mengisi kekosongan 20% tersebut, akan diisi caleg yang terjaring sebelumnya,” ujarnya.

Proses menjaring tersebut, menurut Alex, NasDem akan mendapakan caleg yang berkualitas dan terbaik. Para caleg juga harus mendukung arah perjuangan Partai NasDem yaitu membela kepentingan masyarakat umum dan kaum tertindas.

Menurut dia, bacaleg NasDem harus bebas dari narkoba yang ditunjukkan dengan surat keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan harus berkelakuan baik di masyarakat yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari polisi.*

Share.

Leave a Reply