Perempuan Bacaleg NasDem Palembang Capai 30%

0

PALEMBANG, SUMSEL (8 Mei): Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kota Palembang telah ditutup 31 Maret lalu. Selama pembukaan pendafataran bacaleg tersebut, NasDem Kota Palembang telah menyalurkan formulir bacaleg Palembang sebanyak 88 orang dan yang mengembalikan 52 orang.

Ketua NasDem Sumatera Selatan (Sumsel) H Syahrial Oesman mengatakan, kedatangannya ke DPD Partai NasDem Kota Palembang untuk mengecek kesiapan Bappilu dalam proses instruksi DPP Partai NasDem pembukaan pendaftaran bacaleg.

“Kita buka lebih dahulu sebagai bakal calon legislatif, setelah proses ini bawa ke pusat ditentukanlah caleg, hari ini koordinasi, konsultasi dan konsolidasi bacaleg kota Palembang untuk DPRD Kota Palembang,“ ujar Syahrial ketika ditemui kantor DPD Partai NasDem Kota Palembang yang didampingi Sekretaris NasDem Hamzah Syahkban, Ketua Bappilu Partai NasDem Sumsel Didi Efriadi dan Ketua Bappilu Partai Nasdem kota Palembang yang juga Ketua Garda Pemuda NasDem, Iwan Tuaji.

Syahrial menambahkan, bacaleg yang ada ini selanjutnya akan dievaluasi semua melalui Bappilu, lalu dilakukan rapat pleno seluruh Sumsel baik kabupaten kota maupun provinsi untuk DPR RI.

Setelah di DPD Partai NasDem Kota Palembang, hal serupa dilakukan di DPD Partai NasDem lainnya di seluruh Sumsel.

“Kami akan road show langsung seluruh kabupaten kota di Sumsel,” katanya.

Sementara untuk keterwakilan perempuan dalam bacaleg NasDem menurut mantan Gubernur Sumsel ini sudah 30 persen sesuai petunjuk.

“Jadi kita tetap keterwakilan perempuan kita dari kader, dari Garda Wanita, buruh, pemuda, bahu, petani NasDem, dan liga mahasiswa,” katanya.

Sementara itu Ketua Bappilu Partai NasDem Sumsel Didi Efriadi mengatakan, tahapan ini adalah verifikasi administrasi bacaleg NasDem Kota Palembang terkait pihaknya melakukan verifikasi untuk personal sehingga data administrasi sesuai dengan person yang dilakukan Bappilu Provinsi hingga kabupaten kota.

“Selanjutnya kita mempunyai program Bacaleg, setelah selesai penjaringan bacaleg ini tentunya program bacaleg ini sesegera mungkin di laksanakan juga sampai tanggal 31 Desember 2017,  ini mekanisme yang ketentuannya dari petunjuk organisasi dari pusat, hari ini kita ingin tahu siapa bacalegnya  setelah  ini selesai program yang akan dilakukan ,” katanya.

Untuk penetapan bacaleg NasDem pihaknya masih menunggu perintah organisasi (PO) pusat lebih lanjut karena di Partai NasDem ada mekanisme penjaringan dan mekanisme penyaringan.

Mekanisme penjaringan salah satu indikator program bacaleg bisa yang bersangkutan turun ke bawah, melakukan pendekatan dan ini menjadi alat ukur sejauh mana popularitasnya.

Sedangkan Iwan Tuaji mengatakan, yang mengambil formulir bacaleg Palembang sebanyak 88 orang dan yang mengembalikan 52 orang .

“Melihat prosentase mungkin 40 persen internal dan 60 persen dari luar, kami Bappilu kota Palembang hanya perpanjangan tangan provinsi, tapi kita mempunyai program yang mendekatkan sesama bacaleg agar di lapangan mereka sudah saling kenal, sudah saling jalan, jadi tidak benturan dengan sesame kader NasDem,” katanya.

Iwan menambahkan apa yang dilakukan Bappilu Kota Palembang ini sesuai dengan cita-cita partai untuk memenangkan NasDem di Kota Palembang.(*)

Share.

Leave a Reply