NasDem Asmat Ingin Rekrut 30 % Caleg Perempuan

0

ASMAT, PAPUA (9 Mei): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Asmat, Papua, siap merekrut bakal calon legislative (bacaleg) untuk bertarung dalam pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019 mendatang di Kabupaten Asmat.

“Kami juga akan memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan dalam bursa pencalonan anggota legislatif,” kata Ketua DPD Partai NasDem Asmat, Daniel Sumari, Senin, (08/05).

Syarat keterwakilan 30 persen perempuan tak hanya dalam pencalonan legislatif. Daniel menambahkan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberi amanah agar dalam kepengurusan partai harus ada 30 persen keterwakilan perempuan.

“Dalam kepengurusan, kami di Asmat sudah ada 30 persen keterwakilan perempuan, baik di DPD maupun di DPC. Sehingga nanti kami siap untuk mengakomodir di pileg 2019,” katanya.

Terkait proses dan tahapan perekrutan bacaleg di Kabupaten Asmat, Daniel mengatakan pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi khusus dengan pengurus DPP, DPW, dan 15 DPC di Asmat pada Selasa, (09/05).

“Persiapan sudah dilakukan dari sekarang. Sehingga besok kami akan rakorsus untuk pembekalan dan rekrut bakal caleg agar siap maju dalam pileg 2019,” jelas Daniel.

Lebih jauh Daniel juga menjelaskan, setelah rapat koordinasi khusus, DPD NasDem Asmat akan membuka pendaftaran bakal caleg. Selanjutnya melakukan verifikasi berkas dan diajukan ke DPW Papua dan diteruskan ke pusat.

“Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Pertama dia dari kader dan kedua dibuka untuk umum. Kami di Asmat ada 15 DPC dan tiga daerah pemilihan,” jelas Daniel.

Menurut Daniel, pihaknya menargetkan tiga kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asmat.

“Kami berupaya agar dari tiga dapil itu masing-masing sumbang 1 kursi. Minimal ada keterwakilan dari tiap dapil. Sekarang kami hanya 1 kursi, sehingga kami upayakan ke depan 3 kursi,” pungkasnya. (*)

Share.

Leave a Reply