RMS Berbagi Resep Entaskan Kemiskinan di Luwu Utara

0

LUWU UTARA, SULSEL (17 Mei): Ketua NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel) H Rusdi Masse (RMS) di tengah puluhan warga Luwu Utara (Lutra) berbagi resep cara mengentaskan kemiskinan dengan best practice di Kabupaten Sidrap, Rabu (17/05).

RMS yang juga Bupati Sidrap ini memang telah mencatatkan namanya di Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai kepala daerah yang sukses membawa Sidrap sebagai kabupaten dengan angka kemiskinan paling rendah di Sulsel sejak 2014 silam sampai saat ini.

“Di Sidrap memang angka kemiskinannya paling rendah. Itu karena pemerintahnya selalu melakukan pelatihan pada masyarakat miskin untuk bisa berusaha,” ujar RMS di depan puluhan peserta pelatihan usaha kecil Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna (LPPTG) Malindo, Masamba Luwu Utara.

Caranya, lanjut RMS, pelatihan dulu diberikan kepada warga setempat, setelah mampu baru dibelikan alat.

“Jangan dibelikan alat dulu sebelum pintar dan terampil karena itu bisa saja mereka jual,” ujar RMS.

Bukan hanya pelatihan, RMS juga mengungkapkan bahwa Pemkab Sidrap juga bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk mengentaskan kemiskinan di Sidrap.

Mulai dari analisis masalah, sampai pada intervensi dan pengawasan itu dilakukan atas kerja sama antara Pemkab Sidrap dengan Pihak Unhas.

Direktur LPPTG Malindo Sakaruddub menyampaikan apresiasinya terhadap RMS yang mau berbagi dengan peserta pelatihan usaha kecil Malindo. Malindo juga memperlihatkan kepada RMS usaha dan praktik usaha kecil yang bisa memberdayakan masyarakat kecil demi pengentasan kemiskinan.

Mulai dari pembuatan krupuk dengan aneka ragam rasa khas Lutra dan Sulsel semua diperlihatkan kepada Bupati Sidrap RMS.

“Coba Pak Sakaruddin saya kenal lima tahun lalu pasti angka kemiskinan Sidrap sekarang ini sudah 0 persen,” ujar RMS dengan nada canda.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: