Hak Angket untuk KPK Bersifat Dinamis

0

JAKARTA (21 Mei): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan, sikap NasDem terhadap hak angket untuk KPK bisa saja berubah. Dinamisnya sikap NasDem itu bergantung dengan situasi dan kondisi perkembangan hak angket.

“Itu (sikap terhadap hak angket)sangat dinamis sekali,” ujar Surya seusai membuka Rakorsus Partai NasDem di Jakarta, Minggu (21/5).

Sikap NasDem yang melihat perkembangan situasi dan kondisi itu diperlukan agar hak angket tidak melenceng. Dukungan NasDem terhadap hak angket diberikan jika nantinya fokus melihat apakah KPK sudah menjalankan tugasnya sesuai UU atau tidak, bukan untuk mencari-cari kesalahan KPK. Surya pun belum bisa memastikan apakah akan mengirimkan wakil ke pansus.

“Semangat ingin bangun negara agar seluruh kaidah berjalan sebagaimana mestinya, yang perlu kita koreksi kita koreksi. Seakan aneh kalau tidak tersentuh sama sekali,” tukasnya, seperti dikutip dari mediaindonesia.com.

Lebih jauh Surya juga meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan hak angket dengan kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e). Sebab, tidak ada kader NasDem yang tersangkut kasus KTP-e. Menurutnya, hak angket merupakan hak yang diberikan undang-undang kepada anggota DPR sehingga tidak perlu diperdebatkan.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: