Pupuk Persaudaraan dengan Buka Puasa Bersama

0

DENPASAR, BALI (9 Juni): Untuk memupuk persaudaraan dan toleransi serta menjaga kebinekaan di antara perbedaan agama, suku, ras, dan golongan, Garda Pemuda NasDem Bali, menggelar acara berbuka puasa bersama. Acara yang dihadiri fungsionaris NasDem Bali itu dilaksanakan di Sekretariat Partai NasDem Bali, Kamis (08/06).

“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini, untuk membuktikan kepada masyarakat, bahwa kita ini bersaudara dalam perbedaan dan bertekad untuk menjaga empat konsensus berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-­Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, jelas Ketua Dewan Pembina Garda Pemuda NasDem Bali, IGN Bagus Eka Subagiarta.

Lebih jauh Eka Subagiarta juga menambahkan, melalui acara berbuka puasa bersama ini, toleransi beragama akan tetap hidup berdampingan, hidup dalam kasih Tuhan sehingga bisa memaknai hidup ini sebagai berkah kebahagiaan.

“Ini adalah wujud pengabdian Garda Pemuda NasDem kepada masyarakat. Meski berbeda keyakinan, namun kami tetap bekerja tulus dan jika ini diapresiasi dan mendapat simpati dari masyarakat, maka inilah buah hasil kerja tulus kami Garda Pemuda NasDem”, tegas Eka Subagiarta.

Pada acara buka puasa bersama ini, dilakukan pembacaan Al Quran oleh anggota Garda Pemuda NasDem, Pradnya Paramita, dan tauziah dari Ustad Budi Utama.

Dalam tauziahnya, Ustad Budi Utama mengatakan, akhir-­akhir ini, toleransi dan keberagaman dalam bingkai Pancasila bangsa Indonesia, sedang diguncang dan diuji oleh oknum dan sekelompok orang yang berniat merusak keharmonisan tatanan kehidupan beragama di Indonesia termasuk juga di Bali.

“Dari cerita leluhur saya, tetua saya, bahwa di Bali suasana keagamaan antar umat beragama berjalan sangat harmonis sejak lama. Tidak ada jarak diantara kami yang umat Islam, nyame Hindu, umat Budha dan Kristen, semuanya berjalan damai”, katanya.

Oleh karena itu, sambung Ustadz Budi Utama, Ia menghimbau seluruh umat beragama di Indonesia dan juga Bali, untuk menjaga dan memupuk persaudaraan dan menghormati serta menghargai keyakinan masing-­masing, karena itulah indahnya perbedaan.

“Ini adalah ujian dan cobaan, karena inilah keharmonisan yang berkualitas. Karena itu, saya minta kepada seluruh umat beragama, untuk menjaga Pancasila ini, karena inilah dasar negara kita sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai kebhinekaan yang tunggal ika”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa, menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan buka puasa bersama ini.

“Ini akan kami lakukan rutin setiap bulan puasa, bulan suci penuh berkah ini, sebagai upaya untuk memupuk persaudaraan, persatuan dan kesatuan, merajut silahturahmi diantara umat beragama”, pungkas Oka GUnastawa.(*)

Share.

Leave a Reply