NasDem Siapkan Kandidat untuk Menang di Pilkada Sulsel

0

JAKARTA (14 (Juni): Poltracking baru saja merilis hasil survei terkait pilkada Sulawesi Selatan (Sulsel). Paparan hasil survei disampaikan oleh Hanta Yudha dan dihadiri oleh Sekjen Golkar Idrus Marham, Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan dan Wasekjen sekaligus Sekretaris Bappilu NasDem Willy Aditya, di Hotel Oria, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/06).

Survei Poltracking ini dilakukan pada 18-24 Mei 2017 dengan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error sebesar +- 3,5%.

Empat nama disebut sebagai kandidat kuat dalam Pilgub Sulsel 2018 dalam survei tersebut. Mereka adalah Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang dan Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid.

Menyikapi hasil tersebut, Willy Aditya menyampaikan, saat ini NasDem melakukan komunikasi yang intensif dengan dua nama yang muncul di survei ini yaitu Nurdin Abdullah dan Ichsan Limpo.

“Adik Nurdin pernah menjadi Ketua DPD NasDem di Bantaeng bahkan sekarang merupakan anggota DPRD dari NasDem. Komunikasi NasDem dengan Ichsan Limpo juga lancar karena sedang terjadi migrasi politik keluarga Limpo dari Golkar ke NasDem,” terang Willy.

Selain itu, NasDem juga mempertimbangkan Rusdi Masse (RMS), yang merupakan Ketua DPW NasDem Sulawesi Selatan.

“NasDem di Sulsel sedang mengalami gelombang pasang. Ada 14 kepala daerah yang bergabung dengan NasDem. Lima bupati/walikota dan sembilan wakil kepala daerah. RMS sebagai Ketua DPW bekerja sangat baik dalam melakukan konsolidasi serta penguatan basis partai. Di survei internal kami, NasDem sekarang ada di posisi nomor dua untuk Sulsel, hanya tertinggal oleh Golkar. Hal ini kemudian menjadi tantangan tersendiri bagaimana posisi RMS ke depan, apakah dia bisa menjadi sesuatu di antara empat nama besar ini atau dia cuma akan menjadi nomor 2,” paparnya.

Mantan aktivis ’98 ini melanjutkan, pada pilkada serentak 2017 lalu NasDem memperoleh kemenangan penting di Kabupaten Takalar. Patahana yang elektabilitasnya melebihi 70% dan hampir hanya melawan kotak kosong ternyata mampu dikalahkan oleh kandidat yang diusung oleh NasDem. Euforia kemenangan ini, masih kata Willy, sekarang sedang menjalar di semua tingkat struktur partai NasDem Sulsel. Oleh karena itu prinsip yang dipegang oleh NasDem adalah akan memajukan pasangan kandidat yang sangat mungkin memenangkan pilgub.

“Ini informasi tambahan, yang sekarang menjadi pembicaraan di tingkat DPP NasDem dan mungkin juga di Sulsel. DPP sendiri akan mengambil keputusan pada September mendatang,” imbuhnya.

Survei Poltracking sendiri menunjukkan, dari segi popularitas, nama Ichsan Yasin Limpo (57%), Agus Arifin Nu’mang (55%), Aziz Qahhar Mudzakkar (48%), dan Nurdin Abdullah (42%), adalah kandidat yang paling banyak dikenal publik. Sedangkan untuk elektabilitas, Poltracking melakukan beberapa simulasi.

Untuk simulasi ada 27 nama, dan Nurdin Abdullah unggul dengan 14,43% responden yang memilih. Ichsan Yasin Limpo menyusul dengan 10,7%. Jika kandidat hanya ada 4, nama Nurdin Abdullah tetap unggul dengan 17,4%, disusul Ichsan Yasin Limpo (14,69%), Nurdin Halid (13,27%), dan Agus Arifin Nu’mang (11,21%).(*)

Share.

Leave a Reply