Program Sejuta Kolam Ikan untuk Ketahanan Pangan Warga

Program Sejuta Kolam Ikan untuk Ketahanan Pangan Warga

  • 15 Juni 2020
  • 13

PAINAN (13 Juni): Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Lisda Hendrajoni, mendukung program sejuta kolam ikan yang digagas Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Menurut Lisda, di tengah masa pandemi Covid-19, perlu adanya program ketahanan pangan yang dapat meringankan beban masyarakat dengan kondisi ekonomi yang belum stabil.

“Setidaknya dengan adanya program ketahanan pangan dengan memanfaatkan perkarangan rumah, mampu menyuplai kebutuhan rumah tangga seperti lauk pauk. Ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah daerah setempat,” ujar Lisda saat launching Sejuta Kolam di Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (11/6).

Lisda yang juga Ketua TP-PKK Pesisir Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan setempat, karena telah bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK dalam bentuk bibit yang nantinya akan diberikan kepada masing-masing rumah tangga melalui TP-PKK.

“Untuk di Kecamatan Lunang disampaikan ada sekitar 650 rumah tangga yang akan menerima bibit ikan. Untuk tahap awal kita salurkan 20.000 ekor bibit untuk 200 KK yang ada di kecamatan ini,” jelas Legislator NasDem itu.

Lisda menjelaskan program itu akan terus berlanjut setiap tahunnya, sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Program ini akan kita upayakan dapat terus berlanjut setiap tahunnya, karena diharapkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, agar bisa membantu penghasilan rumah tangga. Selain dapat dimanfaatkan untuk di rumah juga dapat menjadi penghasilan keluarga," kata Lisda. (Bee/*)
,