Aceh tidak Perlu Jam Malam
NasDem
Aceh tidak Perlu Jam Malam

PERATURAN jam malam untuk mencegah meluasnya Covid-19 tidak perlu diberlakukan di Aceh saat ini, apabila pemerintah berani mengambil kebijakan untuk menutup semua jalur masuk ke Aceh dan melakukan karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara ketat.

Corona Motivasi Orang Beriman
NasDem
Corona Motivasi Orang Beriman

WABAH virus corona yang melanda dunia saat ini dalam perspektif teologis merupakan ujian kesabaran dan perlu dikembalikan takdirnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Solidaritas Nasional Melawan Covid19
NasDem
Solidaritas Nasional Melawan Covid19

DI TENGAH Work From Home (WFH), sesekali saya melihat beranda media sosial saya. Isinya perdebatan tentang bagaimana harusnya kita merespon Covid-19. Bising memang, tapi saya senang karena semua ternyata mencintai Republik ini. Perhatian, kritik, masukan memang selayaknya merekah agar jalannya Republik sesuai cita-cita.

CSR dan Penanggulangan Covid19
NasDem
CSR dan Penanggulangan Covid19

COVID-19 adalah musuh bersama yang dapat membahayakan seluruh warga negara. Maka semua elemen negara dan masyarakat harus bangkit melawan secara bersama-sama tanpa pengecualian. Tanpa komitmen bersama, penanganan dan penanggulangan akan berjalan lamban, dan dapat berdampak semakin banyak menelan korban jiwa.


Perppu Penanganan Covid-19
NasDem
Perppu Penanganan Covid-19

LEMAHNYA akselerasi penanganan dan penanggulangan Covid-19, salah satu penyebabnya adalah karena dalam rangka refocussing kegiatan, realokasi anggaran terganjal oleh Undang-Undang APBN. Dalam Pasal 19 ayat (1) huruf c UU No No 20 Tahun 2019 tentang APBN Tahunan Anggaran 2020 menyatakan bahwa “pergeseran anggaran antar program dalam 1 (satu) bagian anggaran untuk penanggulangan bencana alam”, namun UU APBN tidak mengatur tentang bencana alam dapat dijadikan sebagai syarat pergeseran anggaran.

Perang Melawan Covid-19
NasDem
Perang Melawan Covid-19

SEJAK awal munculnya endemi Corona (Covid-19) di Wuhan, China, warga dunia menganggap serangan virus Corona tidak begitu membahayakan dan merupakan endemi yang sangat lokal. Terbatas di satu wilayah. 

Stop Akrobatik Politik Covid-19
NasDem
Stop Akrobatik Politik Covid-19

SUNGGUH naif jika dalam suasana yang sangat mencekam,  masifnya persoalan penyakit menular Covid-19, terkesan saling “adu jotos” klaim kewenangan satuan pemerintahan antara Pusat dan daerah. Padahal rakyat tidak membutuhkan tontonan dramatisasi politik itu. Seharusnya pemerintah lebih sigap dan tanggap mengantisipasi dan menangani dampak penularan Covid-19 secara sistematis.

Langkah Nyata Menahan Laju Perubahan Iklim
NasDem
Langkah Nyata Menahan Laju Perubahan Iklim

MENGAWALI tahun 2020, kita dihadapkan pada serangkaian bencana banjir yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, terutama yang paling parah adalah musibah banjir di Jabodetabek. 


Menurut catatan Kompas, Rabu (4/12), ada sekitar 1.232 warga yang mengungsi di 269 tempat pengungsian. Jalur-jalur utama lumpuh seperti jalan tol, jaringan rel kereta listrik, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. 


Kasus Natuna, Kita Dukung Sikap Tegas Pemerintah
NasDem
Kasus Natuna, Kita Dukung Sikap Tegas Pemerintah

SITUASI di perairan Natuna saat ini menunjukkan kepada kita bahwa menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah kelautan Indonesia harus dikerjakan dengan sangat sungguh-sungguh dan kita harus siaga 24 jam.

Pendidikan Wujudkan Generasi Berkualitas
NasDem
Pendidikan Wujudkan Generasi Berkualitas

PENDIDIKAN merupakan fondasi utama dalam membangun peradaban suatu bangsa. Kesadaran akan arti pentingnya pendidikan menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) dari masa ke masa. Oleh karena itu substansi pendidikan, materi pembelajaran, metodelogi pembelajaran, dan manajemen pendidikan yang akuntabel sudah seharusnya menjadi perhatian khusus penyelenggara negara.

Dua Perempuan Hebat di HUT ke-8 Partai NasDem
NasDem
Dua Perempuan Hebat di HUT ke-8 Partai NasDem

PERINGATAN HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya pada Sabtu, (23/11/2019) berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Timur tumpah ruah di gedung berkapasitas 10 ribu orang itu mengikuti dengan hikmat setiap episode kegiatan hingga acara usai. 

Restorasi Politik Gagasan
NasDem
Restorasi Politik Gagasan

SUPREMASI logika “politik kuantitatif” yang terepresentasikan dari istilah-istilah seperti popularitas, likeabilitas, elektabilitas, hingga “isi tas”, begitu manifes dalam kehidupan politik Tanah Air selama hampir dua dasa warsa belakangan ini. Yang disebut gagasan mungkin muncul dalam berbagai kampanye dan acara debat para calon kepala pemerintahan namun ia tidak menjadi representasi dari apa yang disebut politik gagasan.

Tantangan Mentan Keluar dari Jebakan Kebijakan Pangan Dunia
NasDem
Tantangan Mentan Keluar dari Jebakan Kebijakan Pangan Dunia

PRESIDEN Joko Widodo pada akhirnya mengumumkan secara resmi Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Oktober 2019 di Istana Merdeka, Jakarta. Dari 38 nama yang disebutkan oleh Presiden, ada nama Syahrul Yasin Limpo, mantan gubernur Sulawesi Selatan dari Partai NasDem yang dipercaya memegang peran sebagai menteri pertanian RI menggantikan Amran Sulaiman. 

Mengenang Sepeda Tua
NasDem
Mengenang Sepeda Tua

PADA 4 November 2018, komunitas teater Petrikor Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem mementaskan teater semikolosal dengan judul “Sepeda Tua” di lapangan parade kampus, Pancoran-Jakarta Selatan. Dalam memeriahkan hari ulang tahun ke tujuh Partai NasDem pada 11 November 2018, panitia meminta agar teater ini dipentaskan kembali di de Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar-Jawa Tengah.