News Detail

Legislator NasDem DPRD Kabupaten Cilacap Inisiasi Usulan Cegah Covid-19 ke Pemkab

Legislator NasDem DPRD Kabupaten Cilacap Inisiasi Usulan Cegah Covid-19 ke Pemkab

  • 26 Maret 2020
  • 100
  • NasDem Cilacap

CILACAP (26 Maret): Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia semakin meluas, salah satunya karena banyak warga yang dari luar kota, justru malah pulang ke kampung halaman.


Seperti di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah (Jateng) yang kini mulai mewaspadai Covid-19, karena telah terdapat salah satu warga yang terdeteksi positif virus tersebut.


Atas hal itu, Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Cilacap sedang membuat beberapa usulan kepada bupati terkait pencegahan Covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan di ruang publik, sampai pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, dan melakukan pengecekan di lokasi terminal, stasiun hingga bandara. 


"Saya sangat prihatin dengan kelengkapan APD dan alat kesehatan untuk paramedis di Kabupaten Cilacap yang tenaga medis keluhkan. Mereka adalah garda terdepan dalam penanganan pencegahan Covid-19," ujar anggota Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Minto, Kamis (26/3).

Ia mengatakan, Fraksi NasDem Kabupaten Cilacap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk melakukan tindakan pencegahan supaya penyebaran bisa terkontrol.


Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Cilacap, Cahyo Sasongko turut meminta kerja sama antara eksekutif dan legislatif, hingga tingkat pusat.


"Saya sedang menyiapkan bantuan untuk puskesmas yang bekerja sama dengan DPR RI," kata Cahyo.

Langkah awal telah dilakukan anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Cilacap, Suwito yang melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa wilayah permukiman warga. 


"Langkah saya, untuk menjawab harapan masyarakat supaya wabah ini segera berakhir. Tentu Fraksi NasDem DPRD Cilacap akan mengajak pemkab lebih sigap lagi menyelesaikan wabah Covid-19," pungkas Suwito.(BA/*)