News Detail

Kesehatan dan Keselamatan Harus Diprioritaskan

Kesehatan dan Keselamatan Harus Diprioritaskan

  • 28 Mei 2020
  • 36
  • Fraksi NasDem
  • Ratih Singkarru

JAKARTA (28 Mei): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem, Ratih Megasari Singkarru meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempertimbangkan pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi Covid-19.

"Wacana pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi Covid-19 sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Apabila dilaksanakan harus disertai dengan protokol yang ketat," ujar Ratih kepada partainasdem.id, Kamis (28/5).

Saat ini, kata Legislator NasDem itu, yang perlu diprioritaskan adalah kesehatan dan keselamatan masyarakat, dalam hal ini anak-anak didik yang merupakan masa depan bangsa. ‘’Segala keputusan yang nantinya akan berjalan diharapkan tidak diambil secara tergesa-gesa," katanya.

Ratih menyebutkan, salah satu pertimbangan adalah mengenai wilayah masing-masing sekolah, apakah berada di zona hijau atau zona merah Covid-19. 

"Pertimbangan lainnya adalah risiko penularan secara langsung ataupun tidak langsung antara lingkungan intra sekolah dan lingkungan luar sekolah tempat guru dan murid tinggal atau beraktivitas," jelasnya. 

Anggota DPR dari daerah pemilihan Sulawesi Barat (Sulbar) itu mengatakan, untuk mengurangi risiko penularan di lingkungan sekolah, protokol yang diterapkan haruslah benar-benar ketat. Selain protokol standar WHO seperti pemakaian masker, hand sanitizer, menjaga jarak, dan sebagainya.

"Tetap diperlukan protokol yang ketat untuk mencegah overcrowdedness baik di lingkungan sekolah, di sekitar sekolah, maupun di perjalanan," imbuhnya. 

Selain itu, srikandi NasDem ini juga memaparkan, evaluasi kebijakan pembukaan sekolah juga penting dilaksanakan secara berkala. Di tiap tahap perlu dilihat apakah ada peningkatan jumlah kasus baik positif maupun PDP yang berkaitan dengan dibukanya kembali sekolah di masing-masing wilayah.(HH/*)