News Detail

NasDem Ingin NTT Kembali Jadi Produsen Sapi

NasDem Ingin NTT Kembali Jadi Produsen Sapi

  • 05 Agustus 2016
  • 3
JAKARTA (5 Agustus): Ketua Fraksi Partai NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat meninjau peternakan dan pertanian di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dalam kunjungan masa reses tersebut, Viktor memboyong Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden IGK Manila dan Ketua Mahkamah Tinggi Partai NasDem Jan Darmadi. Kedatangan mereka disambut hangat Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali di Kompleks Perkantoran Bupati Sumba Timur, Rabu (03/08).

Kunjungan tersebut membawa misi pembangunan yang sesuai Nawa Cita Presiden Jokowi tentang pembangunan dari pinggiran. Jika itu terjadi, Kabupaten Sumba Timur bisa kembali berjaya dengan berkontribusi pada program swasembaga daging.

Melalui peternakan sapi, Sumba Timur bisa menjadi lumbung daging nasional sehingga dampak ekonominya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Maka, bukan tidak mudah bagi bangsa ini kedepannya bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

“Bangsa yang stabil adalah bangsa dengan kondisi pangan yang stabil pula,” ungkap Viktornya.

Di sektor pertanian, politisi Nusa Tenggara Timur ini menginginkan Sumba Timur bisa menjadi lumbung padi untuk daerahnya sendiri. Lahan yang luas serta sumber daya manusia yang tersedia merupakan modal yang cukup untuk membangkitkan sektor pertanian, dengan catatan pemerintah serius menanganinya. Oleh karena itu, pemerintah daerah diimbau membuat perencanaan yang baik terkait pertanian di daerahnya dengan dipayungi regulasi yang tepat.

“Selain itu pemerintah daerah wajib membangun spirit agar masyarakat Sumba Timur terlibat dalam pembangunan,” tegasnya.

Menurut Viktor, keberhasilan daerah hanya bisa dilakukan oleh pemimpin yang cerdas dan pintar dalam kerja. Sektor pertanian dan peternakan bila digarap serius akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Lebih jauh Viktor mencontohkan, bagaimana pembangunan di Sabu Saijua yang dianggapnya berhasil karena telah membawa kabupaten miskin itu menjadi daerah yang sekarang kaya. Semuanya berkat kepemimpinan bupatinya yang membangkitkan rasa kebersamaan dalam membangun perekonomian masyarakat.

“Pembangunannya bukan dengan pendekatan APBN dan APBD, tapi dengan membangun Spirit masyarakat,” paparnya.

Untuk mewujudkan itu, Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali meminta arahan Sekretaris Wantimpres IGK Manila dan Ketua Fraksi NasDem Viktor Laiskodat. Potensi pertanian dan peternakan sangatlah besar, maka dari itu ia tidak akan surut mendampingi para petani dan peternak sapi.

“Jumlah sapi itu tidak lebih dari 70.000 ekor, dan juga pertanian tidak lepas dari masalah ketersedian air karena curah hujan yang kurang dan hama belalang. Tapi upaya untuk swasembada tetap kita utamakan” paparnya.(*)

 
Berita Terkini