News Detail

Joko Cahyono Didaulat Jadi Bapak Asuh Peternak Kambing Etawa

Joko Cahyono Didaulat Jadi Bapak Asuh Peternak Kambing Etawa

  • 13 Maret 2018
  • 107
  • NasDem Jatim

PASURUAN, (13 Maret): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, mendukung penuh pemberdayaan masyarakat peternak Kambing Etawa. Bahkan Ketua NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono meninjau langsung proses peternakan yang ada di Desa Tambak Sari, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu, (11/3).

Turut mendampingi kunjungan tersebut Sekjen DPD Partai NasDem Pasuruan, H. Nanang Purnomo, Kades Tambaksari, Jatmiko serta tokoh masyarakat Bopo Andi, menyaksikan sirkulasi usaha yang cukup prospektif dalam menopang kehidupan masyarakat setempat.

"Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu untuk rakyat, bukan untuk Pejabat, oleh karenanya alokasi riil dana bantuan bagi pemberdayaan dan pengembangan usaha sektor riil di komunitas ekonomi yang ada di akar rumput (grassroot) haruslah mendapat proporsi lebih, sehingga terjadi penyebaran dan pemerataan  ketahanan ekonomi di multi segmen," Joko Cahyono yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Lebih jauh Joko Cahyono atau yang akrab disapa Kaji Joko menyatakan, susu sebagai produk 'jadi' dari Kambing Etawa ternyata masih jauh dari kemampuan untuk memenuhi permintaan pasar. Untuk itu perlu ekspansi aktifitas kuantitas dan kualitas usahanya. Perlu diketahui Kambing Etawa selain berfungsi sebagai pembuat otot, asam amino ini pun berfungsi untuk mendorong kinerja dari organ dalam tubuh.

"Ada harapan besar dalam rangka meningkatkan eksistensi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem di Kabupaten Pasuruan, dengan memberikan mereka usaha ekonomi riil bersama Kelompok Usaha Peternakan atau Pertanian, salah satu contohnya dengan mengelola Peternakan Kambing Etawa bagi Pengurus DPC Partai NasDem. Ini bagian dari langkah kongkrit dan akan kami lakukan bertahap' dimulai dari DPC Partai NasDem Sukorejo, Purwosari dan Purwodadi," tegas Kaji Joko.

Kaji Joko juga menambahkan, peternak Kambing Etawa yang dilakukan oleh Kelompok Kaum Muda di Purwosari, adalah langkah nyata dan akan dilakukan bertahap dengan dimulai dari situlah solusi dan inovasi ekonomi kerakyatan yang bisa dilakukan oleh kelompok-kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Pasuruan.  

"Di samping itu, kemampuan yang sudah dikelola pemuda Purwosari ini dalam memformulasikan pakan kambing yang tidak berbau, sangat patut mendapat acungan jempol. Sehingga keberadaan kandang bisa fleksibel dalam penempatannya dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat sekitar," terang Kaji Joko.

Sampai sejauh ini, Kelompok Muda yang telah mendapat banyak penghargaan dari tingkat lokal maupun nasional ini, menyampaikan aspirasinya ke H. Joko Cahyono sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan. Bahkan, Kaji Joko yang juga sebagai Ketua DPD Partai NasDem Pasuruan di daulat menjadi Bapak Asuh Kelompok Peternak Kambing Etawa oleh Masyarakat Ternak Kambing Etawa.

"Insyaallah tahun ini, dari tiga kandang Kambing Etawa akan kita kembangkan lagi menjadi enam Kandang Utama dengan sistem paket,  sekaligus pengurusan Lembaga Formal dan Koperasinya sehingga ke depan sudah dapat menjadi sentral pengembangan Kambing Etawa di Kabupaten Pasuruan “ tegasnya.  (NasDem Pasuruan/uzi/*)