News Detail

NasDem Dorong Negara Kuasai Sumber Daya Energi Lebih Mandiri

NasDem Dorong Negara Kuasai Sumber Daya Energi Lebih Mandiri

  • 14 Maret 2018
  • 88
  • DPP NasDem

JAKARTA, (14 Maret): Pemerintah dan DPR diharapkan dapat membangun kebersamaan untuk mewujudkan kekuatan bangsa terutama pada sektor penguasaan energi sumber daya mineral, minyak, maupun gas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP Partai NasDem Bidang Energi, SDA, dan Lingkungan Hidup, Zulfan Lindan saat menjadi narasumber dalam acara Ngobrol Pintar Soal Restorasi (Ngopi Sore) persembahan Media Center DPP NasDem di Cafe Godila Partai NasDem Jakarta, Rabu (14/3).

Dalam kesempatan tersebut Zulfan menuturkan, idealnya negara harus bisa menguasai mayoritas kepemilikan saham perusahaan pengelola sumber daya energi sebesar 50-70 persen. Hal tersebut diperlukan agar negara bisa lebih mudah dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan pengelolaan energi yang lebih menguntungkan bagi masyarakat.

"Selain sektor minyak dan listrik, kepemilikan saham pemerintah di sektor gas masih kecil. Pemerintah bisa melakukan revisi kepemilikan saham dengan cara bernegoisasi dengan pihak swasta yang sudah ada lebih dulu menguasai sumber daya energi kita," tutur Zulfan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dikatakan oleh Zulfan, pemerintah tentu harus menyiapkan dana yang besar untuk mengambil alih pengelolaan sumber daya gas yang selama ini masih didominasi oleh pihak swasta.

"Kalau bisa kuasai 51% aspek SDA energi dan mineral bukan tidak mungkin minyak dan gas untuk masyarakat dapat tersalurkan dengan harga jual yang lebih murah," tuturnya.

Selain itu, dirinya juga menekankan agar para pimpinan DPR berhenti untuk membahas perubahan revisi UU yang sifatnya politis seperti halnya UU MD3. Menurut Zulfan pembahasan materi tentang UU Sumber Daya Alam saat ini lebih krusial dan lebih dibutuhkan oleh masyarakat. (Uta/*)