News Detail

Victory-Joss akan Bangun Industri Perikanan jika Terpilih

Victory-Joss akan Bangun Industri Perikanan jika Terpilih

  • 14 Maret 2018
  • 261
  • NasDem NTT

NAGEKEO (14 Maret): Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Nomor Urut 4 Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, jika dirinya bersama Josef A Nae Soi (paket Victory-Joss) dipercaya memimpin NTT, maka ia akan membangun industri perikanan di perairan Flores. Hal tersebut ditegaskan Viktor saat berkampanye di Aula Pondok SVD Danga, Kabupaten Nagekeo, NTT Senin (12/3).

Lebih jauh politisi NasDem ini menjelaskan, di perairan Indonesia ada sekitar sembilan titik yang menjadi tempat ikan bermain. Lima titik ada di bagian barat Indonesia, dan empat titik ada di bagian timur Indonesia, termasuk Laut Flores.

Di Laut Sulawesi, Laut Banda dan laut Arafuru, ujar Viktor, sudah dibangun industri perikanan yang begitu besar. Industri perikanan tersebut menyerap banyak tenaga kerja lokal.

“Bangsa ini sangat butuh ikan dan kita ini kaya akan ikan tetapi tidak dikelola secara baik. Ikan itu merupakan sumber protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jika tanggal 27 Juni nanti masyarakat mempercayakan dan Tuhan merestui kami untuk memimpin NTT lima tahun ke depan, maka kami akan realisasikan (bangun industri perikanan) ini,” tegas Viktor, Senin (12/3).

Lebih jauh Viktor juga menjelaskan, kehadiran industri perikanan, selain menyerap banyak tenaga kerja, juga akan sangat menguntungkan nelayan-nelayan lokal. Para nelayan akan dibantu dengan kapal penangkap ikan yang lebih layak agar bisa melaut dengan nyaman.

“Selama ini gelombang biar hanya 2 meter saja nelayan kita sudah setengah mati. Kita harus buat kapal bagi para nelayan yang mencapai 100 GT hingga 150 GT,” tegasnya.

Calon Bupati Nagekeo Elias Djo mengatakan, Viktor Laiskodat dan Josef Nae Soi merupakan dua tokoh yang banyak perannya bagi terbentuknya Kabupaten Nagekeo, mekar dari Kabupaten Ngada. Dia bahkan menyebut Viktor dan Josef adalah ujung tombak perjuangan pembentukan Kabupaten Nagekeo.

“Mereka berdua punya jasa dan kontribusi besar untuk Nagekeo saat mekar dari kabupaten induk, Kabupaten Ngada,” katanya.(*)