News Detail

Perempuan NasDem Tunjukan Kepeduliannya Terhadap Lingkungan

Perempuan NasDem Tunjukan Kepeduliannya Terhadap Lingkungan

  • 17 April 2018
  • 246
  • DPP NasDem

JAKARTA, (17 April): Pelatihan Training of Trainers (ToT) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang digelar DPP NasDem Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak bersama DPP Garnita Malahayati NasDem berlanjut dengan mengunjungi tempat pengolahan sampah “GESIT” di Jalan Menteng Pulo, Setia Budi, Jakarta Selatan dan Kebun Karinda di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (17/4).

Partai NasDem telah menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup dan menyadari betul betapa pentingnya mengelola sampah untuk keberlangsungan hidup manusia.


BACA JUGA : NasDem Jakarta Ikuti TOT PelatihanPengelolaan Sampah


Ketua DPP NasDem Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak Amelia Anggraini, Ketua DPP Bidang Pendidikan Politik dan Kebudayaan Nining Indra Shaleh, Wasekjen DPP NasDem Siar Anggretta Siagian dan Nova Harivan Paloh bahkan turut mendampingi langsung para peserta pelatihan saat berkunjung ke tempat pengolahan sampah.

Saat mengunjungi Bank Sampah “GESIT” peserta dapat melihat langsung bagaimana cara memilah sampah anorganik seperti yang berasal dari botol minuman plastik dan kaleng untuk dikreasikan menjadi barang yang lebih bermanfaat.

“Setelah mendapat teori, peserta kemudian diajak untuk melihat langsung jenis-jenis sampah dan bagaimana cara pemilahannya,” kata Siar Anggretta Siagian.

Peserta juga berkesempatan mengunjungi Kebun Karinda yang dikelola oleh Bapak Jamal yang merupakan mantan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, peserta pelatihan kemudian mendapat penjelasan tentang bagaimana cara membuat kompos secara mandiri.

“Pembuatan kompos ternyata bisa dilakukan di rumah masing-masing, tadi diperlihatkan bagaimana membuat kompos secara mandiri” kata Siar Anggreta Siagian.

Siar Anggretta Siagian melanjutkan, kegiatan ini dirancang secara komprehensif agar dapat memberikan manfaat yang lebih kepada peserta yang sudah datang dari jauh sehinga dapat mengambil manfaat yang lebih dari pelatihan ini.

“Kita akan saling monitor dan mengingatkan sepulangnya dari sini sambil memotivasi di setiap daerahnya agar bisa berjalan,” kata Siar Anggretta Siagian.

Nova Harivan Paloh yang juga mendampingi peserta pelatihan menuturkan jika kunjungan studi banding ke tempat pengolahan sampah kali ini merupakan upaya NasDem untuk menciptakan sampah rumah tangga yang bisa diuraikan.

“Ini menjadi studi banding, pelatihan ini bisa langsung diaplikasikan dan dikreasikan untuk mengurangi beban sampah rumah tangga sebelum menuju Tempat Pembuangan Akhir,” pungkas Nova Paloh.(*)