News Detail

NasDem Sumbar Gelar Pleno Targetkan 9 Kursi DPRD dan 3 Kursi DPR RI

NasDem Sumbar Gelar Pleno Targetkan 9 Kursi DPRD dan 3 Kursi DPR RI

  • 03 Juni 2018
  • 650
  • NasDem Sumbar

PADANG, (3 Juni): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Barat melaksanakan Rapat Pleno Wilayah untuk memaparkan hasil Rapat Pleno Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem se-Sumatera Barat di Kantor DPW Partai NasDem Sumatera Barat, Sabtu (3/6).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua, Sekretaris, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) dan Sekretaris Bappilu DPD Partai NasDem se-Sumatera Barat, Pengurus DPW serta Ketua DPP Partai NasDem.

Semua DPD Partai NasDem se-Sumatera Barat mempresentasikan hasil Pleno tingkat DPD tentang pengusulan Daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) masing-masing DPD. 

Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Barat, Malkan Amin menyampaikan bahwa Rapat Pleno Wilayah dilaksanakan dalam rangka mendengarkan hasil penjaringan Bacaleg masing DPD Partai NasDem se-Sumatera Barat.

"Partai NasDem secara Nasional menargetkan menjadi tiga besar pada Pemilu 2019 nanti. Untuk mencapai target tersebut tentunya DPP Partai NasDem memastikan Bacaleg yang diusulkan memang yang berkualitas dan diterima masyarakat di dapil masing-masing," ungkap Malkan.

Rapat yang berlangsung dari pagi hingga malam tersebut terlaksana dengan lancar dan akrab.  Meskipun dalam suasana Ramadan, semua peserta mengikuti rapat dengan seksama.

Erizal Efendi, Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Sumatera Barat berkesempatan menyampaikan target DPW NasDem Sumatera Barat menghadapi Pemilu 2019.

"DPW Partai NasDem Sumatera Barat menargetkan memperoleh 9 kursi dari 8 Dapil untuk tingkat provinsi.  Untuk DPR RI kita menargetkan 3 kursi dari 2 dapil, 1 kursi dari dapil Sumbar 2 dan 2 kursi dari dapil Sumbar 1," ungkap Erizal.

Lebih jauh Erizal menambahkan, secara umum Bacaleg di masing-masing DPD Partai NasDem sudah oke, hanya beberapa dapil saja yang belum lengkap.

"Bagi yang masih ada kekurangan, DPD diberi waktu hingga tanggal 5 Juni untuk melengkapi tiap-tiap dapil di daerah masing-masing " tegas Erizal.

Ketua DPP bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Partai NasDem, Sri Sajekti Sudjunadi turut menghadiri Rapat Pleno Wilayah dari awal sampai akhir dan sempat menyampaikan bahwa apa yang telah disampaikan pada Rapat Pleno Wilayah tersebut akan dievaluasi nantinya di tingkat DPP.

"Setelah semuanya nanti dilengkapi, tanggal 7 Juni DPP akan melaksanakan Pleno untuk Sumatera Barat di Kantor DPP. Hasil Rapat Pleno itulah yang nantinya akan disampaikan kepada masing-masing DPD agar mempersiapkan bahan-bahan serta semua persyaratan Bacaleg sementara" ucapnya.

Perempuan yang akrab dipanggil Kakak Jeannette tersebut juga menambahkan, Partai NasDem akan mendaftar serentak secara Nasional untuk Daftar Caleg Sementaranya pada tanggal 4 Juli.

Di akhir pertemuan Malkan Amin menyampaikan bahwa setelah Rapat Pleno Wilayah semua DPD Partai NasDem se-Sumatera Barat harus mencukupi kuota hingga batas waktu yang telah ditentukan.  Malkan juga menegaskan selama proses penjaringan Bacaleg,  pelaksanaan dilakukan secara terbuka tanpa dipungut biaya.

"NasDem merupakan partai terbuka, siapapun diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi Bacaleg, baik pengurus maupun kader dan masyarakat umum. NasDem memiliki program 'Indonesia Memanggil' untuk siapapun yang ingin menjadi anggota legislatif. Terbukti banyak tokoh masyarakat, tokoh muda dan aktivis hingga masyarakat yang berkeinginan bergabung dengan Partai ini," terang Malkan.

Di akhir pembicaraan bersama Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Barat menegaskan lagi bahwa NasDem merupakan partai tanpa mahar. Jika terbukti ada oknum-oknum Pengurus Partai NasDem yang meminta mahar maka akan langsung diberhentikan dari posisinya.(NasDem Sumbar/Yusuf/*)