News Detail

Duka NTB, Jokowi Hindari Mobilisasi Massa Saat Daftar Pilpres

Duka NTB, Jokowi Hindari Mobilisasi Massa Saat Daftar Pilpres

  • 09 Agustus 2018
  • 53
  • DPP NasDem

JAKARTA (9 Agustus): Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate memastikan Presiden Jokowi akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon presiden pada Jumat (10/8) pagi. 

Rombongan Jokowi akan terdiri dari 170 orang yang akan berangkat bersama-sama dari Gedung Joeang. 

"Rombongan yang dipriortiaskan ialah yang diatur oleh petunjuk teknis yang ada di PKPU, 50 orang rombongan pasangan calon dengan para ketua umum partai, dan 120 selebihnya yang akan mendampingi," papar Johnny saat ditemui di Gedung DPP NasDem, Kamis (9/8). 

Johnny melanjutkan, Jokowi meminta agar pendaftaran dirinya ke KPU dilakukan secara sederhana dan tidak berlebihan. Hal tersebut mengingat masih adanya suasana duka dari bencana alam gempa bumi yang dirasakan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). 

"Jokowi yang meminta bahwa pendaftaran tetap dilakukan memenuhi persyaratan sesuai norma hukum UU, PKPU, ke KPU dengan baik dengan tetap menjaga solidaritas kita di NTB," paparnya. 

Saat disinggung mengenai alasannya memilih Gedung Joeang sebagai titik awal melakukan pendaftaran, Johnny mengungkapkan sembilan Sekjen Parpol Koalisi Indonesia Kerja menilai Gedung Joeang merepresentasikan perjuangan Jokowi dalam menjawab tantangan-tantangan bangsa Indonesia. 

"Memang sengaja cari tempat yang memiliki nilai sejarah perjuangan, ada dua pilihan yang terdekat dengan KPU yaitu Tugu Proklamasi dan Gedung Joeang," paparnya. (Uta/*)