News Detail

Caleg NasDem Layani Warga Latihan Membatik

Caleg NasDem Layani Warga Latihan Membatik

  • 09 Agustus 2018
  • 77
  • NasDem Yogyakarta

GUNUNGKIDUL (9 Agustus): Bacaleg DPR RI Partai NaDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Ir Woro Indah Widiastuti bersama Batik Ekoprin Jogja melaksanakan kegiatan pelatihan membatik jumput di kampung Tani Playen, Desa Bleberan Gunungkidul, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut digelar Woro sebagai salah satu upaya pelayanan dan pemberdayaan kepada komunitas masyarakat yang saat ini dinilainya masih minim.

“Untuk mengisi peran masyarakat sipil dalam pemberdayaan kelompok rentan khususnya kelompok perempuan dan difabel,” tukasnya.

Dalam sambuatnnya  Woro Indah Widiastuti mengutarakan bahwa pelatihan ini adalah sebagai awal dari beberapa kegiatan sosial untuk peningkatan sektor UMKM yang ada di Desa Bleberan.

“Para ibu untuk ikut serta dalam pembangunan sektor ekonomi dan tidak selalu bergantung pada suami sekaligus menjadi perempuan produktif,” katanya.

Sedikitnya 30 perserta dan segenap perangkat Desa Bleberan hadir dalam kegiatan tersebut.

Pelatihan membatik diberikan dengan menggunakan media ekoprin yang sengaja dipilih karena metode batik tersebut dinilai ramah lingkungan dan ekonomis.

“Karena menggunakan bahan baku alami dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar,” ungkap Woro.

Pasca pelatihan selesai diberikan, menurut Woro, akan dilanjutkan dengan pendampingan dan palatihan pada bidang pengemasan agar lebih menarik dan pemasaran produk.

“Khususnya pemasaran via online untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Bleberan juga akan memfollow up kegiatan ini dengan memberikan fasilitas satu kios di dekat kantor desa sebagai tempat untuk menjual hasil membatik. 

“Ini menjadi tujuan awal Progam Pemerintah Desa untuk mengerakan sektor UMKM dan menggabungkannya dengan sektor pariwisata yang sudah ada,” kata Sekretaris Desa Bleberan, Indardi.

Ia pun menyambut baik adanya kegiatan yang diinisiasi Woro lantaran dapat mengangkat sektor UMKM, khususnya dalam pengembangan sektor ekomoni dan pemberdayaan kaum ibu untuk industri wisata di sekitar air terjun Sri Getuk.(*)