News Detail

Badan Rescue NasDem Kirim Tim Medis Gelombang II

Badan Rescue NasDem Kirim Tim Medis Gelombang II

  • 20 Oktober 2018
  • 1827
  • Badan Rescue NasDem



JAKARTA (20 Oktober): Setelah mengirimkan 77 tenaga medis di gelombang pertama,  Badan Rescue NasDem (BRND) kembali mengirimkan 20 personil tim medis yang dilengkapi dengan berbagai peralatan dan obat-obatan ke lokasi bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng).


Ketua Badan Rescue NasDem (BRND) Hariadi Anwar (Ade Anwar) menjelaskan tenaga bantuan kesehatan Partai NasDem ini diberangkatkan dini hari Sabtu (20/10) menggunakan pesawat komersil dari Bandara Soekarno Hatta.


“Kita pergi lagi ke Palu membawa gelombang ke dua. Tugas gelombang pertama sudah selesai,” katanya seusai melakukan briefing terhadap para relawan di Gedung BRND, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (19/10).

Lebih jauh Ade Anwar menambahkan dari hasil evaluasi gelombang pertama ditemukan bahwa masih banyak korban yang harus dilayani termasuk menambah perhatian kepada ibu hamil dan anak-anak.


“Tentunya akan lebih banyak lagi pasien yang kita periksa dan yang kemarin sudah kita berikan pelayanan juga akan kita periksa lagi,” terangnya.

Ade mengungkapkan pelayanan tersebut di antaranya adalah dengan memberikan perawatan dan pemeriksaan ibu-ibu hamil termasuk membersihkan luka pada korban yang rentan terkena infeksi.


“Kita membawa juga bidan karena kita jumpai banyak ibu hamil yang juga perlu perawatan,” tambahnya.

Masih kata Ade, rencananya tenaga medis Badan Rescue NasDem akan mengambil lokasi pelayanan di Donggala selama sepekan hingga 10 hari.


“Di Donggala di daerah perbukitan dan pantai. Cukup jauh dari Palu perjalanan kurang lebih tiga jam,” tambahnya.

Nantinya ke 20 tenaga medis Rescue NasDem tersebut akan dibagi ke dalam dua kelompok besar dengan dilengkapi peralatan dan obat-obatan lengkap untuk melayani masyarakat.


“Kita juga akan terus melakukan visit ke tempat pengungsian yang mereka tidak bisa datang ke pos kami karena berbagai hal,” pungkasnya.

Bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala, Sulteng beberapa waktu lalu menelan korban ribuan orang tewas dan menghancurkan rumah-rumah warga, gedung-gedung pemerintah dan swasta, fasilitas publik serta tempat-tempat ibadah.


Saat berita ini diturunkan, tim rescue NasDem sudah tiba di Posko Induk di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem  Sulawesi Tengah dan tengah melakukan pemilahan obat-obatan untuk dibawa ke titik pengungsian. (*)