News Detail

Mbak Rerie Gandeng Mutiara Handycraft Siap Bantu Pasarkan Hasil Kerajinan Keset

Mbak Rerie Gandeng Mutiara Handycraft Siap Bantu Pasarkan Hasil Kerajinan Keset

  • 21 Oktober 2018
  • 1256
  • NasDem Demak
  • Lestari Moerdijat
  • Calon Legislatif



DEMAK (21 Oktober): Ketua Komando Pemenangan Wilayah (Komperwil) Partai NasDem Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Lestari Moerdijat (Mbak Rerie) menginisiasi kegiatan pelatihan keterampilan jahit keset.


Kegiatan yang berlangsung Minggu (21/10) di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Demak itu merupakan kelanjutan dari program-program pemberdayaan perempuan yang telah dilaksanakan sebelumnya.


Partai NasDem dalam kesempatan ini bekerja sama dengan Mutiara Handycraft yang didirikan oleh Irma Suryati yang dikenal sebagai sosok perempuan tangguh utamanya melalui program pemberdayaan kaum perempuan dan disabilitas.


Sedikitnya 28 peserta dari kalangan ibu rumah tangga mendapat pelatihan terkait bagaimana cara membuat  keset aneka motif, seperti keset dengan motif binatang, buah dan karakter kartun.


Hal yang menarik ditawarkan adalah bahan dasar yang digunakan yaitu limbah garmen yang bisa diubah menjadi produk pakaian, bed cover dan keset. 


Rencananya kegiatan semacam ini juga tidak hanya berlangsung di Demak melainkan tersebar merata hingga ke berbagai daerah seperti Kudus, Semarang, Yogya, Banten, dan Jakarta.


Irma menekankan bahwa keset tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini, ia menerangkan, keset bahkan menjadi pilihan utama karena tingginya permintaan sebagai komoditas ekspor.


“Diharapkan peserta bisa memproduksi di rumah masing-masing. Jika sudah sesuai standar, keset akan dibeli melalui komunitas Sahabat Lestari sehingga peserta tidak lagi kebingungan menjual produknya,” pungkas Irma.(*)