News Detail

NasDem Sulteng Bangun Tenda untuk Pengungsi

NasDem Sulteng Bangun Tenda untuk Pengungsi

  • 22 Oktober 2018
  • 728
  • NasDem Sulteng
  • Ahmad M Ali
  • Calon Legislatif



SIGI (22 Oktober): Ketua Fraksi NasDem DPR RI Ahmad M Ali memimpin langsung pembangunan tenda- tenda pengungsi layak huni di beberapa tempat pengungsian korban bencana alam PASIGALA (Palu, Sigi, Donggala), Minggu (21/10).



"Partai NasDem kali ini menyiapkan 200 unit tenda regu yang dapat menampung 12 hingga 15 orang pengungsi dan tenda pleton dengan kapasitas 40 orang yang akan digunakan untuk keperluan ibadah, sekolah sementara dan untuk keperluan lainnya di pengungsian," urainya.


Prinsipnya kata Ahmad Ali, pengungsi dapat tinggal di tenda-tenda yang layak pakai sebelum ke Hunian Sementara (Huntaran) yang saat ini sedang disiapkan pemerintah.


"Bukan hanya tenda, kami juga menyiapkan beberapa fasilitas seperti MCK dan kebutuhan lainnya," ungkap Bendahara Umum DPP Partai NasDem itu, saat pembangunan tenda pengungsi di Kabupaten Sigi.


Lebih lanjut, mantan Ketua DPW Partai NasDem Sulteng itu menyebut, 200 unit tenda ini akan dibangun di lima  titik pengungsian masing-masing tersebar di kota Palu, Sigi dan Donggala. 


Saat ini, telah terbangun di tiga titik pengungsian, masing-masing di Desa Wani, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Matikulore, Kota Palu dan Desa Loru, Kecamatan Biromaru, di Kabupaten Sigi.



"Sebelumnya, Partai NasDem melalui Badan Rescue NasDem telah melakukan beberapa misi kemanusiaan sejak hari kedua pasca gempa, tsunami dan likuifaksi yang menimpa daerah ini. Mulai dari kegiatan evakuasi korban meninggal dunia, penyaluran sembako, menurunkan tim medis hingga hari ini menyiapkan tenda-tenda pengungsia yang layak," ungkapnya.


Ahmad Ali berharap, apa yang dilakukan Partai NasDem saat ini, bisa menginspirasi partai politik lainnya. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi korban yang bisa terjangkau.


"Jujur, saya prihatin melihat tenda-tenda pengungsian korban saat ini. Mereka hanya menggunakan tarpal yang sama sekali jauh dari kata layak," sebutnya.

Saat pemasangan tenda di Kelurahan Kawatuna, Ahmad  Ali didampingi jajaran pengurus DPW Partai NasDem. Di Kabupaten Sigi, selain didampingi jajaran pengurus DPW Partai NasDem Sulteng, Ahmad Ali juga didampingi Rusdy Mastura dan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sigi Muh Masykur. 


Sedangkan di Desa Wani, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Ahmad Ali diwakili langsung Wakil Ketua DPW Partai NasDem Sulteng Mohamad Hamdin, meyerahkan dan memimpin pemasangan 20 unit tendan regu dan satu unit tenda pleton, kepada pengungsi.(NasDem Sulteng/*)