News Detail

Eva Yuliana Dorong Pemerintah Revitalisasi Pasar

Eva Yuliana Dorong Pemerintah Revitalisasi Pasar

  • 23 Februari 2019
  • 2191
  • NasDem Jateng
  • Eva Yuliana
  • Calon Legislatif



JAKARTA (23 Februari): Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Partai NasDem, Eva Yuliana mendorong program pemerintah untuk merevitalisasi pasar rakyat guna meningkatkan kesejahteraan pedagang melalui peningkatan omzet, memudahkan akses transaksi jual beli dengan nyaman, serta mendukung kelancaran logistik dan distribusi.


"NasDem mendukung penuh program ini untuk peningkatan kesejahteraan warga Indonesia secara komprehensif," ujar politisi Partai NasDem Eva Yuliana dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (23/2).

Revitalisasi pasar tradisional itu mengacu pada ketentuan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI).


Menurut Eva, dengan revitalisasi pasar rakyat ada beberapa keuntungan yang didapat. Pertama, bisa memberikan pelayanan kepada konsumen yang lebih layak dan nyaman dalam berbelanja. Penjual juga lebih nyaman dalam menjual dagangannya.


Caleg NasDem Dapil Jawa Tengah V nomor urut 1 itu menambahkan revitalisasi juga mampu meningkatkan daya beli masyarakat.


"Jadi tidak hanya fisiknya, tetapi bagaimana mengajarkan pengetahuan pengelolaan pasar. Setelah manajemen direvitalisasi, maka yang diharapkan adalah memperpendek mata rantai antara produsen dan penjual, sehingga harga sembako lebih stabil dan terjangkau bagi masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan selama empat tahun pemerintah telah merevitalisasi 5.000 pasar, dengan rincian 1.023 unit (2015), 793 unit (2016), 851 unit (2017), 1.545 unit (2018), dan 1.037 unit pada 2019. (MI/*)