News Detail

Irma Suryani Optimistis Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Terjaga

Irma Suryani Optimistis Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Terjaga

  • 14 Maret 2019
  • 5465
  • DPP NasDem
  • Irma Suryani
  • Calon Legislatif


JAKARTA (14 Maret) : Sejumlah  lembaga survei menyebutkan tingkat elektabilitas pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin lebih unggul dari pesaing mereka yaitu paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. 


Menanggapi hal tersebut, politisi Partai NasDem yang juga juru bicara (jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Irma Suryani Chaniago mengaku optimistis Jokowi-Ma'ruf mampu mempertahankan keunggulan tingkat elektabilitas hingga hari pemungutan suara 17 April mendatang. 


"Tingkat elektabilitas Jokowi-Maruf makin hari makin signifikan. Dukungan terus mengalir dari ormas Islam, alumni-alumni, dan juga ada yang balik badan dari paslon 02," kata Irma saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (14/3). 

Terbaru, hasil survei yang dilakukan PolMark Indonesia pada 7 Oktober 2018 hingga 12 Februari 2019 menyebutkan elektabilitas Jokowi-Amin unggul 14,6% dari pasangan Prabowo-Sandi. Irma menilai keunggulan tersebut sudah cukup baik untuk mengantarkan Jokowi kembali menjabat di periode kedua. 


"Keunggulan 14,6 persen itu cukup besar loh, dalam kurun waktu tersisa 30 hari, tentu kerja kami makin keras dan yakin perolehan akan makin meningkat," jelas Irma. 

Berdasarkan hasil survei, Polmark mencatat Jokowi-Amin memiliki elektabilitas sebesar 40,4%, sementara  Prabowo-Sandi 25,8%. Masih ada 33,8% calon pemilih yang belum menentukan pilihan politiknya yang merupakan swing voters. 


Melihat hasil survei tersebut, Irma mengungkapkan bahwa TKN akan berupaya penuh untuk memperoleh dukungan dari para swing voters. Dengan visi-misi serta program kerja yang jelas yang dimiliki Jokowi-Amin diyakini  mampu menggerakkan swing voters untuk mencoblos nomor urut 01. 


"Makin lama kami melihat masyarakat sudah mulai jenuh dengan kampanye SARA, caci maki, dan black campaign yang tertuju untuk Jokowi-Amin. Maka kami yakin masyarakat akan memilih Jokowi-Amin," terang Irma. (Uta/*)