News Detail

Bupati Jepara Teken Usulan Gelar Pahlawan Ratu Kalinyamat

Bupati Jepara Teken Usulan Gelar Pahlawan Ratu Kalinyamat

  • 20 Maret 2019
  • 2127
  • NasDem Jepara
  • Lestari Moerdijat
  • Calon Legislatif



JEPARA (20 Maret): Bupati Jepara, Jawa Tengah Ahmad Marzuqi akhirnya mengeluarkan rekomendasi kepada Yayasan Dharma Bakti Lestari untuk mengusulkan pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat.


Usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat dilakukan setelah beberapa kali diadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Menghidupkan Kembali Gagasan Menjadikan Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional', oleh Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) yang juga disetujui seluruh lapisan masyarakat Jepara.


“Berdasarkan surat permohonan dari Yayasan Dharma Bakti Lestari, maka dengan ini Bupati Jepara memberikan rekomendasi, Ratu Kalinyamat untuk diusulkan mendapat Gelar Pahlawan Nasional,” isi rekomendasi yang ditandatangani Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

Surat rekomendasi dari Bupati Jepara itu sudah diterima YDBL Senin ( 18/3). Langkah selanjutnya adalah segera melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan.


Perwakilan YDBL di Jepara, Nur Hidayat mengatakan ada keinginan kuat masyarakat Jepara terkait pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat. Dan itu harus diperjuangkan.


Lestari Moerdijat , Pembina YDBL yang juga Caleg DPR RI dari Partai NasDem Dapil Jateng II (Jepara, Kudus, Demak), memandang perlu untuk bisa mewujudkan keinginan masyarakat Jepara tersebut.


“Kami dari YDBL akan berusaha mewujudkan keinginan tersebut. Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat, tentu akan memberi kebanggaan bagi masyarakat Jepara,” ujar Nur Hidayat, Selasa (19/3).

Usul gelar Pahlawan Nasional bagi Ratu Kalinyamat sudah pernah dilakukan namun gagal. Untuk lebih memperkuat usulan itu, YDBL akan menggelar kegiatan yang bersifat akademik sekali lagi. Kegiatan itu adalah seminar nasional untuk mengupas perjuangan Ratu Kalinyamat.


Hasilnya akan menjadi salah satu bahan pendukung bagi usul gelar Pahlawan Nasional Ratu Kalinyamat.(*)