News Detail

Menteri Siti Nurbaya Dukung Program Citarum Harum

Menteri Siti Nurbaya Dukung Program Citarum Harum

  • 16 April 2019
  • 1254
  • DPP NasDem


BANDUNG (16 April): Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meresmikan fasilitas pengelolaan sampah di enam kabupaten/kota di Jawa Barat. Peresmian dilakukan secara simbolis di Desa Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (15/4).


Hadir dalam acara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) serta seluruh kepala daerah yang wilayah mereka teraliri Sungai Citarum.


Siti menjelaskan, pembangunan fasilitas pengelolaan sampah di enam daerah tersebut  sebagai bentuk tanggung jawab dan partisipasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) dalam mendukung program Citarum Harum.


Dengan hadirnya sarana itu, lanjutnya, diharapkan mampu mengurangi produksi sampah, termasuk yang terbuang dan mengotori sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut.


Adapun sarana yang diberikan terbagi dalam dua jenis, yakni pusat daur ulang (PDU) sampah di Kota Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung, serta bank sampah induk (BSI) di Kabupaten Bandung, Subang, Karawang, Kota Bandung, Cimahi, dan Bekasi.


Dengan menelan anggaran total sebesar Rp12 miliar, pembangunan fasilitas itu diharapkan bisa menekan jumlah produksi sampah hingga 51 ton setiap hari.


Dia menjelaskan, PDU sampah di tiga daerah itu, memiliki kapasitas antara 10-30 ton setiap hari. Selain mampu mendaur ulang sampah kering seperti plastik dan kertas, mesin pencacahnya pun mampu mengubah sampah basah menjadi kompos. (MI/*)