News Detail

Sosialisasikan Empat Pilar untuk Anak dengan Mendongeng

Sosialisasikan Empat Pilar untuk Anak dengan Mendongeng

  • 20 Mei 2019
  • 168
  • Fraksi NasDem
  • Yayuk Sri Rahayuningsih



NGAWI (20 Mei): Anggota MPR Yayuk Sri Rahayuningsih kembali melaksanakan tugas majelis dengan mengadakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

 

Kepada masyarakat, kelompok pemuda, kelompok Guru PAUD serta kader partai politik dan tokoh masyarakat yang hadir, Yayuk mengajak agar selalu menanamkan jiwa Pancasila, mengakui UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


Bahkan Yayuk meminta penerapan nilai-nilai yang dasar itu sejak anak-anak usia dini. Misalnya, dengan mendongeng atau menceritakan sejarah perjuangan dan ketokohan nasional yang memperjuangkan kemerdekaan negara.


Hal ini dilakukan menurutnya agar tumbuh jiwa patriotisme, memotivasi dan membentuk jiwa nasionalisme, serta jiwa Pancasila kepada anak-anak sejak dini.


“Jika kita mulai sejak anak usia dini didongengkan atau diceritakan hal-hal  yang mengandung poin empat pilar ini, jiwa-raga keindonesiaan pasti tumbuh kuat,” ujarnya, di Gedung Pertemuan Notosuman, Ngawi, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.  

Menurutnya, tanpa terkecuali, semua elemen masyarakat mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama untuk memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.


Yayuk juga menegaskan, di tengah kemajemukan berbangsa, semua masyarakat harus mencintai dan memahami serta mengamalkan Pancasila. Hal itu dilakukan, untuk mewaspadai gejolak yang diakibatkan adanya perbedaan pendapat, suku, kelompok dan golongan. Tapi juga karena di era keterbukaan saat ini sangat bisa dimanfaatkan oleh pihak luar untuk memecah-belah.


“Untuk itu berikan pembelajaran kepada masyarakat luas agar tetap berpegang teguh kepada Empat Pilar bernegara itu,’’ tegasnya. (Mujamin/*)