News Detail

NasDem Punya Komitmen Kembangkan Pertanian dan Maritim 4.0

NasDem Punya Komitmen Kembangkan Pertanian dan Maritim 4.0

  • 22 Agustus 2019
  • 199
  • Fraksi NasDem


JAKARTA (22 Agustus): Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem bidang Pertanian dan Maritim Emmy Hafild mengatakan Indonesia merupakan negara agraris dan maritim.


 Kata dia dua bidang ini harus menjadi fokus menghadapi industri 4.0. Untuk itu, lanjut Emmy, Partai NasDem memiliki komitmen mengembangkan bidang pertanian dan maritim dalam menghadapi era industri 4.0. 


Dia melihat dua bidang ini sangat penting guna mencapai cita-cita kedaulatan pangan.


"Jangan sampai masuk ke industri 4.0 nanti agrikultura dan maritim ini terlupakan," tegas Emmy dalam focus group discussion (FGD) Fraksi dan DPP NasDem bertajuk Agri dan Maritim 4.0. di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

Emmy menilai pembahasan harus merambah ke ranah kehidupan bangsa agar semakin baik setiap harinya.


"Kita sudah terlalu lama membahas politik, kekuasaan, pemilu, dan sebagainya. Kini saatnya partai itu memikirkan kehidupan bangsa dan negara," ujarnya.

NasDem, menurut Emmy, memandang penting kemajuan bidang pertanian dan maritim selain untuk kedaulatan dan ketahanan pangan ini juga merupakan kekuatan sebenarnya bangsa Indonesia.


Untuk itu mesti disiapkan upaya pemenuhan kebutuhan pangan maupun nonpangan di masa depan.


"Jadi kita mau ekspor yang lain, mau ekspor elektronik, tapi kita ekspor proses pertanian kita itu sangat kurang," kata dia lagi.

FGD juga jadi bagian rangkaian kegiatan jelang Kongres ke-2 NasDem, 9-11 November 2019. Hasil FGD akan dirangkum menjadi rekomendasi untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dalam kongres.


"Dalam bentuk road map untuk pertanian dan maritim 4.0 Indonesia menuju tipping points 2025," lanjut dia.(*)
Berita Terkini