News Detail

Bicara Papua di Dialog Selasa

Bicara Papua di Dialog Selasa

  • 10 September 2019
  • 126
  • DPP NasDem, Dialog Selasa


JAKARTA (10 September): Partai NasDem kembali menggelar Dialog Selasa di Auditorium DPP Partai NasDem, Jl. RP Soeroso No. 44, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/9). 


Acara yang menjadi bagian dari rangkain Kongres II Partai NasDem ini merupakan tempat untuk mengupas terkait permasalahan yang sedang hangat terjadi.


Mengangkat tema "Papua Bicara Papua: Dari Papua untuk NKRI", Dialog Selasa menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.  


Anggota DPR RI Dapil Papua Sulaeman L. Hamzah, Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 Dapil Papua Roberth Rouw, serta Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini dipandu oleh moderator Najla Hilabi.

Tidak kurang dari 200 peserta hadir dalam kegiatan yang berlangsung hangat ini. 


Sulaeman Hamzah menuturkan bahwa tradisi hidup bersama dalam kelompok suku telah berlangsung turun temurun, demikian juga dengan masyarakat kelompok lain, termasuk masyarakat nusantara. 


"Masyarakat Nusantara harus bisa memahami dan menghargai sesama anak bangsa dengan mengedepankan prinsip-prinsip ‘di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung’" ungkap Sulaiman.

Menanggapi ketimpangan yang terjadi di Papua, Roberth Rouw menilai bahwa upaya pemerintah dalam membangun sistem kurang tepat.


 Menurutnya, hal utama yang harus dibangun adalah masalah pendidikan dan kesehatan. 


"Harus ada sekolah untuk memfasilitasi pendidikan di Papua. Meski begitu, hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab presiden sebagai Kepala Negara semata," tegas Robert Row.

Befa Yigibalom menilai perlunya pendekatan kultural dalam menyelesaikan konflik di Papua. 


Dia mengatakan, pemerintah harus memiliki visi dan konsisten membangun 25 tahun ke depan agar masyarakat Papua mencintai Indonesia. 

"Perjuangan Indonesia tidak boleh putus-putus, karena belum ada kata terlambat untuk mengatasi permasalahan yang ada di Papua," ujarnya. 
 

Selain mendengarkan paparan dari pemateri, peserta Dialog Selasa juga bisa melakukan tanya jawab langsung dengan nara sumber.


 Dialog Selasa diadakan setiap Selasa malam sebagai bagian dari Pra Kongres II Partai NasDem. 


Musyawarah tertinggi Partai NasDem tersebut akan dilaksanakan pada 8-11 November 2019 di JIExpo Kemayoran, DKI Jakarta.(*)