News Detail

Jokowi Minta Syahrul Yasin Limpo Urus Bidang Pertanian

Jokowi Minta Syahrul Yasin Limpo Urus Bidang Pertanian

  • 22 Oktober 2019
  • 1
  • DPP NasDem
  • Syahrul Yasin Limpo



JAKARTA (23 Oktober): Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang juga kader NasDem untuk mengurusi bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan di periode kedua pemerintahannya.


"Saya tidak disampaikan menteri apa, yang ditanya bagaimana membuat 260 juta jiwa bisa dijamin agar lebih baik, tenteram, lebih khusus di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan," ujarnya, seusai menghadap Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10).

Yasin mengaku menerima amanah tersebut sebagai bagian dari partai koalisi. Ia yakin dapat berkontribusi dengan baik lantaran rekam jejaknya sebagai kepala daerah mulai dari bupati hingga gubernur dua periode.


"Penegasan itu bersambut, Presiden memberi amanah kami berkontribusi agar kebutuhan rakyat Indonesia lebih maksimal," terangnya.

Namun demikian, ia belum tahu pasti posisinya di Kabinet Kerja jilid II. Pengumuman sekaligus pelantikan menteri berlangsung Rabu, 23 Oktober 2019.  


Yasin Limpo menambahkan, Ketua Umum Surya Paloh juga telah memberi restu kepadanya untuk mengisi pos menteri di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dia ditunjuk Jokowi untuk membantu pemerintahan di bidang pertanian.

 
"Pesan Pak Surya, kamu lakukan yang terbaik, sampaikan kami tidak punya beban untuk mengawal," ujar Yasin Limpo.

Meski totalitas mendukung Jokowi, menurut Syahrul, NasDem tetap berkomitmen menjadi partai yang kritis. Ia menyebut oposisi atau bukan, peran sebagai partai kritis tetap dipegang NasDem.

 
"Walau ada orang di dalam kabinet, NasDem akan tetap kritis, karena kepentingan rakyat, kepentingan negara, dan tetap bersatu. Itu adalah bagian kehadiran partai ini," pungkas Yasin Limpo.(*)
Berita Terkini