News Detail

NasDem NTT Tuntaskan Survei Calon Kepala Daerah

NasDem NTT Tuntaskan Survei Calon Kepala Daerah

  • 09 Desember 2019
  • 208
  • NasDem NTT


KUPANG (9 Desember): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT), telah menyelesaikan survei elektabilitas terhadap sejumlah bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada  2020 mendatang. 


DPW NasDem NTT sudah mengantongi nama-nama bakal calon yang sudah disurvei dan akan bertarung di sembilan kabupaten di NTT. Hasil survei pada tujuh kabupaten sudah rampung, sedangkan di dua kabupaten lainnya yakni Sumba Timur dan Belu belum selesai. Hasil survei tersebut akan dikirim ke DPP NasDem untuk diputuskan dan ditetapkan melalui SK paket calon yang diusung NasDem pada pilkada 2020 mendatang.


Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Alexander Take Ofong, di Kupang Minggu (8/12) menjelaskan, pihaknya menyediakan delapan lembaga survei kredibel yang dipilih sendiri oleh bakal calon untuk melakukan survei.


“Karena yang melakukan itu bakal calon, NasDem hanya memfasilitasi lembaga survei kredibel. Survei dilakukan di tujuh kabupaten menggunakan lembaga survei Indikator. Sudah ada hasillnya. Lembaga survei itu sudah menyampaikan secara komprehensif. Hasil survei ini sebagai referensi, acuan untuk konsolidasi dan strategi pemenangan,” ujar Alex Ofong.

Disebutkan, sudah ada paket tunggal yang diusung Partai NasDem yakni di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Edi Hendrik, Ketua DPD Partai NasDem Mabar, berpasangan dengan Dokter Yulianus Weng.  Di Kabupaten Manggarai, Ketua DPD NasDem, Deno Kamilus didorong untuk berpasangan dengan Viktor Madur untuk periode ke dua. Kemudian di Kabupaten Ngada, Helmut Waso  berpasangan dengan Kornelis Soi. Di Kabupaten  Belu, Agus Taolin berpasangan dengan Anton Bele. Sedangkan di Kabupaten Malaka, Dokter Stefanus Bria Seran berpasangan dengan Wandelinus Taolin.


"Lima kabupaten ini sudah mengerucut ke satu paket. Menurut kita itulah paket terbaik dari berbagai macam aspek. Walaupun sudah ada paket tunggal, survei tetap dilaksanakan guna melihat elektabilitas paket calon, juga mengetahui trend dari persepsi masyarakat kepada partai maupun calon-calon yang ada dan menyusun strategi pemenangan," ujar Alex Ofong.

Partai NasDem tetap berkoalisi dengan partai politik lain guna mengusung paket calon. 


"Kita bangun koalisi di semua kabupaten, kecuali Timor Tengan Utara (TTU) NasDem ada delapan kursi di DPRD. Tetapi koalisi tetap dibangun untuk kepentingan mengawal kebijakan bupati dan wakil bupati yang terpilih nanti," ujar Alex Ofong.

Alex Ofong juga menegaskan, NasDem mematok target meraih kemenangan di semua daerah.  Pada pertengahan Desember nanti, tambah Ofong, hasil survei bakal calon kepala daerah tersebut diplenokan di DPW NasDem. Selanjutnya dikirim ke DPP NasDem untuk diputuskan dengan ditetapkan melalui SK supaya Januari sudah bisa action di lapangan. (MI/*)