News Detail

Syarif Pimpin Komisi V DPR Kunker ke KSPN Borobudur

Syarif Pimpin Komisi V DPR Kunker ke KSPN Borobudur

  • 14 Februari 2020
  • 109
  • Fraksi NasDem
  • Syarif Abdullah Alkdarie

MAGELANG (14 Februari): Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kawasan Strategis  Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi wisata superprioritas. Kunjungan pada Kamis (13/2) itu untuk melihat Borobudur memiliki manfaat lebih besar bagi masyarakat sekitar.


"Kawasan ini betul-betul menjadi milik semua orang, baik nasional, provinsi,  kabupaten maupun masyarakat sekitar  mendapatkan manfaat dari pengembangan kawasan wisata ini," tegas Syarif Abdullah Alkadrie sebagai Ketua Tim Kunker tersebut di Balkondes Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Selain itu, Wakil ketua Komisi V DPR tersebut meminta pemerintah untuk membangun konektivitas Borobudur dengan kawasan wisata di sekitarnya.


"Konektivitas dari Candi Mendut ke Candi Pawon sampai Candi Borobudur dan daerah sekitarnya supaya dapat menumbuhkan kawasan ekonomi baru", tegas Legislator NasDem tersebut.

Kawasan wisata Borobudur, tidak hanya sebagai tempat wisata budaya, tetapi juga wisata alam dan agrowisata yang saat ini banyak diminati wisatawan mancanegara.


Dalam program pemerintah tahun 2020, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun empat pintu gerbang yang akan menjadi ikon menuju Candi Borobudur. Selain itu akan dibangun jembatan Sungai Progo dan skywalk serta jalan lingkungan dalam rangka mendukung pengembangan wisata Borobudur.


Pada kesempatan tersebut,  Syarif juga meminta pemerintah  meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi para wisatawan di kawasan Borobudur.(BA/*)