Sahat Silaban

sahat silaban2Sahat Silaban tercatat sebagai orang pertama dari marga Silaban yang berhasil menjadi anggota DPR-RI. Ini  tentu sangat membanggakan. Sahat Silaban lolos ke Senayan dari Daerah Pemilihan Sumut II yang meliputi Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbahas, Samosir, Tobasa, Labura, Labuhanbatu, Labusel, Nias, Nisel, Nias Utara, Gunung Sitoli, dan Nias Barat.

Ketua Marga Silaban Se Dunia itu lahir di Tapanuli Utara 19 Januari 1960. Sahat sebelumnya adalah pengusaha sukses di Jakarta yang sempat menduduki jabatan sebagai Ketua Bidang Humas GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia).

Semasa kecil, Sahat bergulat di kampung halamannya, Tapanuli. Ia menamatkan SD pada 1972 di  SD Sopobutar, Sumatera Utara. Lulus dari SD, Sahat melanjutkan pendidikan di SMP Litong Nihua, sedangkan STM-nya dia tekuni di STM Negeri Dolok Sanggul.

Di kampung halamannya, anak pasangan P Silaban (Op Tobak Doli) dan Vehoria Samosir (Op Tobak Boru) ini terbiasa hidup sederhana. Jika pun kemudian dia memutuskan menjadi pengusaha dan menjadi anggota DPR, karena ia ingin menebus kegagalan masa lalunya saat kemiskinan menghimpit saudara-saudaranya dan warga di daerah pemilihannya.

Ia tertarik bergabung ke NasDem setelah mendengar pernyataan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di televisi yang intinya siap mengorbankan waktu, harta dan nyawa untuk republik tercinta Indonesia tanpa membeda-bedakan latar belakang golongan, agama dan status sosial.

Itulah awal Sahat mendapat hidayah. “Saya terharu mendengar pidato Pak Surya, sebab ternyata masih ada orang di negeri ini yang peduli dengan nasib bangsanya dan bercita-cita mengubah kondisi bangsanya lebih baik dengan semangat pluralisme. Saya menangis mendengar kata-kata Pak Surya,” kata Sahat yang matanya kemudian berkaca-kaca.

Ayah tiga orang anak ini dipercaya duduk di Komisi III DPR -RI yang membidangi Hukum, HAM dan Keamanan.

Pendidikan :

  1. 0-1972, SD Sopobutar, Sumatera Utara
  2. 0-1995, SMP Litong Nihua, Sumatera Utara
  3. 0-1978, SMAN Dolok Sanggul Humbahas, Sumatera Utara

Riwayat Organisasi :

  1. Ketua III Panitia Pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan
  2. Ketua Panitia Pembangunan Gereja HKBP Pamulang Kotamadya Tangerang Selatan
  3. 2000-2010,Sekretaris Paguyuban Silaban Sejabotabek
  4. 2001-2006,Ketua Bidang Humas GAPENSI Jaksel
  5. 2001-skr,Ketua Dewan Pertimbangan GAPEKSINDO Jaksel
  6. 2010-2015,Wakil Ketua Paguyuban Silaban Sejabodetabek
  7. 2010-2015,Ketua Umum Paguyuban Silaban Indonesia-Dunia

Riwayat Pekerjaan :

  1. Staff PT. Mercubuana
  2. Pelaksana Project di PT. Saeti Engineering (sekarang menjadi PT JHS).
  3. Site Manager di PT Ruhut Sakti
  4. Project Manager di PT Aria Lomak Perdana
  5. Direktur Utama PT Tobas Tegarindo
  6. Pendiri Koperasi Serba Tani-Pomal di Humbahas (*)