Sosok Detail

Ahmad M. Ali dan Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ahmad M. Ali dan Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • 09 November 2017
  • 173

KARIER politiknya terbilang sangat cemerlang, tapi bukan berarti tanpa hambatan. Ahmad M. Ali memulai perjalanan politiknya benar-benar dari bawah.

Mat Ali -- begitu ia biasa disapa -- menimba ilmu di Universitas Tadulako, Morowali, Sulawesi Tengah. Di sana ia berkonsentrasi untuk mendalami ilmu ekonomi. Tahun 1998 Mat Ali mulai bergabung dengan organisasi mahasiswa. Ia dipercaya untuk menjadi pengurus organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu.


Mat Ali kemudian melanjutkan perjalanan organisasinya dengan bergabung bersama organisasi Pemuda Pancasila (PP). Di sana ia juga dipercaya untuk menjadi pengurus organisasi yang memiliki ciri khas warna oranye loreng itu.


Ahmad Ali lahir di Wosu, Sulawesi Tengah, 16 Mei 1969. Setelah 45 tahun berselang Mat Ali kemudian berhasil duduk di kursi legislatif daerah.Ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.


Mat Ali berharap dengan terjun langsung ke dunia politik, ia dapat menebar manfaat dan mampu bergerak bersama-sama masyarakat dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.   


"Kita bergerak pada satu titik dengan harapan untuk mengembalikan tujuan bernegara yang sejati lewat gerakan restorasi," katanya.


Saat ini Ahmad Ali menjadi wakil rakyat di DPR. Ia diberi amanah untuk duduk di kursi DPR RI periode 2014-2019. Mantan pengurus Kadin Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2005 itu juga dipercaya untuk menjadi bendahara umum DPP Partai NasDem.


Ahmad Ali juga dikenal sangat dekat dengan masyarakat. Melalui media sosial pribadinya ia menjalin erat komunikasi dengan warganet. Di era milenial seperti saat ini jarak tidak lagi menjadi hambatan bagi Mat Ali untuk terus bersilaturahmi dengan masyarakat.


Meski begitu Mat Ali tidak pernah melupakan tanah kelahirannya. Pertemuan dengan sanak saudara, keluarga, dan masyarakat yang notabene adalah konstituennya secara langsung menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan oleh Mat Ali.


Hal ini terungkap pada saat Mat Ali mengisi masa resesnya. Ia berkunjung ke Kelurahan Bantaya Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng). Meski diguyur hujan deras, semangat Mat Ali tetap berapi-api untuk menyampaikan aspirasinya di hadapan masyarakat.


Kala itu warga Bantaya Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) berharap Mat Ali dapat memperjuangan bantuan bagi nelayan di pesisir.


"Perlu bapak-ibu ketahui bahwa anggota DPR RI tidak memiliki program sendiri, sehingga hanya mengurus fungsi budgeting. Usulan bapak-ibu ini akan kita perjuangkan," jelas Ahmad Ali  


Dia terus menyerap aspirasi dari bawah dan memperjuangkannya melalui fungsi DPR. Ia menunjukkan komitmennya untuk terus berusaha meningkatkan taraf hidup masyarkat. []