Dubes Dieny Tjokro Promosikan Sate dan Nasi Goreng

0

 

EKUADOR (11 April): Sejak dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Republik Ekuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono atau yang akrab disapa Dieny Tjokro, tak harus menunggu lama untuk mempromosikan Indonesia di negara Amerika Selatan tersebut. Awal April, reporter GAMA TV datang ke KBRI Quito  mewawancarai Dubes Dieny sekaligus melihat langsung keunikan seni tari, batik dan kuliner Indonesia.

Potensi kerja sama ke dua negara menjadi materi menarik di masa mendatang. Berbagai potensi perdagangan dan investasipun disampaikan Dubes, mulai dari produksi tekstil, alas kaki, elektronik, komponen otomotif, keramik sampai obat yang dibutuhkan Ekuador.

dini cokro1

“Jarak Indonesia-Ekuador sangat jauh, pertimbangan kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia-Ekuador hendaknya tidak terpaku pada wilayah nasional masing-masing. Ekuador dapat memanfaatkan tenaga kerja dan bahan baku di Indonesia untuk mendirikan fasilitas produksi berbagai produk unggulannya yang dapat dipasarkan ke kawasan Asia. Begitu pula sebaliknya,” terang Dubes Dieny yang merupakan politisi Partai NasDem itu.

Kesempatan wawancara juga dimanfaatkan untuk menonjolkan citra Indonesia yang selalu mengedepankan toleransi dan pluralisme di tengah keberagaman budaya, etnis dan agama.

“Dengan liputan seperti ini, harapannya agar bisa memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Ekuador secara luas, utamanya untuk meningkatkan promosi wisata Indonesia melalui kunjungan warga negara Ekuador ke Indonesia,” kata Dubes Dieny Tjokro.

dini cokro 6

Untuk melengkapai wawancara tersebut, Dubes Dieny Tjokro, mantan dosen UI Jakarta kelahiran Prancis  itu, menunjukkan secara langsung peragaan seni budaya dan kuliner Indonesia melalui pembuatan batik oleh alumni Darmasiswa, pembawaan tarian yapong dan poco-poco oleh staf KBRI Quito dan keluarga, serta ditutup dengan demo memasak mie sebagai representasi produk Indonesia yang telah mendunia.

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama dengan menu Indonesia seperti sate ayam, mie goreng, garang asam, bakwan jagung, suguhan kue seperti gemblong, klepon dan singkong goreng serta dihidangkan teh asli Indonesia dengan gula batunya.*

Leave a Reply

%d bloggers like this: