Kemah Restorasi dan Sekolah Kader untuk Kesadaran Kolektif

0

BANDUNG (4 Juni): Usai sudah gelaran Kemah Restorasi dan Sekolah Kader Partai NasDem yang dilakukan DPW NasDem Jawa Barat 29 Mei hingga 2 Juni lalu.  Acara yang dilangsungkan di Rancaupas, Ciwidey Bandung Jawa Barat itu sedikitnya diikuti oleh 600 kader Partai NasDem di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, ada peserta lain di luar wilayah Jawa Barat, mereka adalah perwakilan DPW Bali, DPW Jawa Timur, DPW Papua, DPW Papua Barat, DPW Maluku, DPW Kepulauan Riau, DPW Kalimantan Barat, DPW Sumatera Barat dan DPW Bangka Belitung serta DPP Partai NasDem.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan kader partai agar memiliki kesadaran kolektif dalam memahami dan meyakini Restorasi Indonesia dan Gerakan Perubahan sebagai cara berpikir dan berperilaku dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan sosialnya,” ujar Saan Mustopa, Ketua DPW NasDem Jawa Barat.

Lebih jauh juga disebutkan Saan, acara ini juga untuk mengubah mental dan cara berpikir kader partai agar lebih progresif dan berkepribadian untuk menjadi kader partai yang ideologis dan siap berjuang atas nama partai dan ideologi partai.

kemah

“Tentu perjuangan yang kami lakukan dengan itikad untuk memberikan kebaikan. Kebaikan menjadi bagian terpenting dalam perjuangan karena apa pun yang akan kita lakukan semua akan kita abdikan untuk kebaikan masyarakat yang kita cintai, salah satu kebaikan yang sudah dilakukan oleh Partai NasDem yaitu politik tanpa mahar dalam pilkada,” tegas Saan lagi.

Selama jalannya Kemah Restorasi dan Kelas Kader, peserta melakukan kegiatan in bound dan out bound.  In bound adalah pemberian materi pembelajaran dan dialog interaktif serta diskusi yang dilaksanakan di dalam kelas lapangan (tenda dome). Sedangkan bentuk out bound berupa permainan untuk membentuk karakter kuat dan bekerja dalam tim.

kemah1

Materi pembelajaran in bound sudah dirancang oleh Saan Mustopa bersama tim DPP Partai NasDem seperti Janette Sudjunadi, Enggartiasto Lukita, Willy Aditya, Nining Indra Shaleh, Reri Moerdijat, Saur Hutabarat dan Victor Laiskodat.

Beberapa tema materi internal antara lain Spirit Berpolitik Untuk Mewujudkan Gagasan Besar Partai NasDem, Partai Nasdem Sebagai Partai Pergerakan, Ideologi Partai NasDem, Peluang dan Tantangan Partai NasDem Dalam Mewujudkan Agenda Gerakan Perubahan, Pengenalan dan Pemahaman Organisasi Partai NasDem, Dinamika Pemilu dan Manajemen Kampanye, Sejarah dan Dinamika Kelahiran Partai NasDem dalam bingkai Restorasi.

Sedangkan materi eksternal berupa Pemetaan Partai Politik dan Pemetaan Jaringan Politik oleh DR. Jayadi Hanan dari SMRC, Simulasi perhitungan kursi untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota oleh Ketua KPU Jawa Barat, Strategi Pencitraan oleh Andreas Bertoni, Dasar–dasar Kepartaian dan Pemilu oleh Prof. Dede Mariana, M.Si, Merumuskan dan Memasarkan Platform Partai Politik oleh Yunarto Wijaya, Manajemen Survey oleh Hendro Prasetyio, Ph.D, dan Pelatihan Saksi oleh Sandra Nahdar dari IFES.

kemah restorasi sp1

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyempatkan hadir untuk membuka kegiatan Kemah Restorasi dan Sekolah Kader ini.  Dalam sambutannya Surya Paloh menyampaikan, sebagai warga negara, sebagai suatu bangsa yang sudah merdeka, ada tujuan tujuan yang telah ditetapkan.

“Pengisian kemerdekaan itu belum selesai, dia sedang berproses dari waktu ke waktu, kita harus membangun kesadaran kolektif sesama anak bangsa agar memiliki kesadaran yang semakin mendekati hal-hal yang bersikap ideal bagi kehidupan kebangsaan,” kata Surya Paloh.

Lebih jauh juga dikatakannya, bangsa ini tidak akan bisa besar, tidak bisa akan kokoh berdiri, tidak akan mampu memberikan keyakinan kepada warga negaranya dengan dasar kebanggaan yang mampu untuk menerjemahkan duduk sama rendah berdiri sama tinggi dengan bangsa bangsa lainnya di permukaan bumi ini, ketika kesadaran kolektif itu tidak terbangun, ketika keseimbangan hak dan kewajiban tidak ada di antara sesama anak bangsa.

Setelah memberikan pidato pembukaan, Surya Paloh menyempatkan diri untuk menyapa dan mengunjungi satu per satu tenda para kader partai sambil berdialog singkat dan memastikan semuanya dalam keadaan baik.

Selama jalannya kegiatan Kemah Restorasi dan Sekolah Kader, DPW Partai Nasdem Jawa Barat sebagai pelaksana kegiatan telah melakukan koordinasi yang baik sehingga kegiatan tidak mengalami hambatan yang berarti dan tidak ada satu kegiatan pun yang terlewati.

kemah4

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan tujuan digelarnya acara. Selain menambah wawasan selama kegiatan berlangsung, kegiatan ini juga menjadi sarana efektif untuk mempererat hubungan antarkader partai dan kesadaran kolektif sebagai anak bangsa,” ujar Sondang Tampubolon, salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Harapannya seperti yang diamanatkan Surya Paloh, kemah restorasi dan sekolah kader dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia, dan segera direalisasikan untuk menyambut Pilkada maupun Pileg dan juga Pilpres.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: