NasDem Menyapa

0

JAKARTA (14 Juni): Donny Imam Priambodo, anggota Komisi XI, dan Fadholi anggota Komisi IV dari Fraksi Partai NasDem menyapa masyarakat lewat program “NasDem Menyapa” di Radio KBR68H.

Dalam satu jam bincang-bincang, Fadholi berbicara panjang perihal ketahanan pangan dan kelangkaan daging. Menurut politisi asal Jawa Tengah ini menyinggung tentang naiknya harga-harga pangan di pasaran menjelang lebaran. Kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi tidak diimbangi dengan ketersediaan barang di pasaran yang memicu naiknya harga bahan pokok. Imbasnya masyarakat mengeluh pengeluaran rumah tangga semakin besar karena harus membeli barang-barang kebutuhan pokok lebih mahal.

“Komisi IV disibukkan dengan fokus pada ketersediaan padi, jagung, dan kedelai (Pajali) saat ini. Jangan sampai juga Pajali ini harganya naik juga menjelang lebaran,” ‎ujarnya.

Terkait dengan kelangkaan daging, Fadholi menyebutkan bahwa persoalan tersebut klasik. Dari tahun ke tahun persoalannya sama, masyarakat menjerit karena harga daging sapi mahal di atas Rp 120.000. Rencana pemerintah menurunkan harga daging bisa menjadi opsi namun tidak direkomendasikan Komisi IV untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam jangka waktu yang lama. Menurutnya, pemerintah harus memikirkan untuk swasembada daging sapi, bukan tergantung pada import.

Senada dengan Fadholi, anggota Komisi XI Donny Priambodo menekankan pentingnya swasembada daging. Program pemerintah dalam pemberdayaan peternakan sapi harus lebih digenjot untuk bisa memenuhi permintaan pasar. Menurutnya kucuran modal untuk kelompok tani dari Bank Indonesia mencapai Rp 6 miliar per kelompok tani bisa dimaksimalkan, asal didampingi secara serius oleh dinas terkait.

“BI langsung turun tangan untuk program yang menyasar kelompok tani, nilainya Rp 6 miliar per kelompok tani dan ini uang yang besar dalam peberdayaan,” ungkapnya.

Selain kelangkaan daging, Donny juga menyinggung tentang naiknya tingkat inflasi menjelang lebaran. Ia mengimbau pemerintah tetap konsisten pada target inflasi year on year di angka 4% plus minus 1%.

“Saya lihat memang Tim Pengendalian Inflasi pusat dan daerah sudah bergerak untuk menjaga inflasi. Semoga saja kerja mereka bisa menekan inflasi,” tuturnya.

Agenda “NasDem Menyapa” ini hasil kerja sama antara Media Center Fraksi NasDem dengan Redaksi KBR68H. Agenda serupa akan dilakukan di beberapa radio seperti Radio Sonora, dan Radio Cosmopolitan.(*)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: