NasDem Dukung Langkah Kemlu soal Konflik Laut Cina Selatan

0

JAKARTA (27 Juli): Partai NasDem mendukung langkah Kementerian Luar Negeri dalam menanggapi putusan Permanent Court of Arbitration (PAC) atau Tribunal Arbitrase Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut atas sengketa di Laut Tiongkok Selatan pada 12 Juli lalu.

“Sebagai warga negara taat hukum, kami harus menghormati hukum internasional dan mengawal perdamaian yang diharapkan tercipta dari putusan tersebut,” ungkap Ketua DPP Partai NasDem Bidang Luar Negeri Martin Manurung, Rabu (27/7).

Lebih jauh Martin juga menjelaskan, kepentingan nasional tentu harus dijaga. Oleh karena itu Partai NasDem juga mendukung misi Kementerian Luar Negeri untuk menyelesaikan pagar batas teritori negara Indonesia di laut dengan negara-negara tetangga.

“Partai NasDem berharap agar seluruh warga Indonesia dapat ikut mendukung dan mengawal langkah-langkah pemerintah untuk menjaga kedaulatan bangsa Indonesia,” kata Martin.

Sebelumnya PCA di Den Haag, Belanda, mengeluarkan putusan mengenai gugatan Filipina terhadap Tiongkok atas sengketa perairan Laut China Selatan.

PCA menolak mengakui klaim Tiongkok atas sembilan garis putus atau nine-dash line di LCS. Selama ini, Negeri Tirai Bambu menegaskan nine-dash line merupakan wilayah peninggalan leluhurnya, yang tercantum dalam peta versi mereka sendiri pada 1947.

Pengadilan menyimpulkan tidak ada basis hukum bagi Tiongkok dalam mengklaim hak-hak sejarahnya untuk mengambil sumber daya alam di wilayah laut yang masuk dalam nine-dash line.

Selain itu, PCA juga menegaskan Tiongkok tidak memiliki bukti bahwa sejak dahulu kala sudah secara eksklusif menguasai deretan pulau dan perairan di LCS.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: