Presiden Lantik Menteri Baru, 4 Profesional, 5 Politisi

0

JAKARTA (27 Juli): Presiden Joko Widodo, Rabu (27/7) langsung melantik  menteri baru dan menteri lama yang bertukar posisi hanya dua jam setelah mengumumkan reshuffle tahap II.  Presiden juga langsung menggelar sidang paripurna kabinet dengan para menteri tersebut.

Dari sembilan wajah baru yang dilantik itu empat di antaranya dari kalangan profesional-teknokrat. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, sebelumnya menjabat Managing Director and Chief Operating Officer, World Bank. Dia juga pernah menjabat Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Angkasa Pura II. Kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi yang merupakan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah, Malang, Jawa Timur, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar, alumni ITB sekaligus ahli offshore dan berusaha di America Serikat.

Sedangkan lima lainnya merupakan politisi yakni Menko Polhukam Jenderal TNI (Pur) Wiranto, Ketua Umum Hanura, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dari Golkar, Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dari Partai Amanat Nasional (PAN), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dari Partai NasDem, serta Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo dari PKB.

Presiden juga melantik empat menteri yang berganti posisi. Yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya Menko Polhukam, Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro, sebelumnya Menkeu, Menteri Agraria Sofyan Djalil, sebelumnya Kepala Bappenas dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong yang sebelumnya menjabat Menteri Perdagangan.

Dengan reshuffle kabinet jilid II tersebut, dua partai politik yang baru bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, yakni Golkar dan PAN mendapat jatah kursi kabinet.

Para menteri yang terkena reshuffle adalah Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, Partai NasDem, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Partai Hanura, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddi Chrisnandy, Hanura, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, profesional, Menteri ESDM Sudirman Said, profesional, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan,  profesional, Mendiknas Anies Baswedan, profesional dan Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Marwan Jaffar, PKB.*

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: