DPD NasDem Kota Tebing Tinggi Gelar Pendidikan Politik

0

 

TEBING TINGGI (3 Oktober): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kota Tebing Tinggi menggelar Pendidikan Politik untuk masyarakat, di Jln Mutiara Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Sabtu (1/10). Acara yang berlangsung hangat itu dihadiri oleh Ketua DPD NasDem Ir H Oki Doni Siregar, Sekretaris Munis Tanjung, Bendahara Syahminan, Wakil Ketua Drs Hendri Rivai yang juga anggota DPRD Tebing Tinggi serta pengurus DPD lainnya.

Dasar hukum pelaksanaan pendidikan politik ini adalah Undang-undang No.2 tahun 2008 tentang Partai Politik, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 24 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2013 dan wajib bagi partai politik untuk melaksanakannya. Hal tersebut disampaikan Ketua DPD NasDem Kota Tebing Tinggi Ir H Oki Doni Siregar.

“Pelaksanaan pendidikan politik tidak serta merta dapat dilaksanakan tanpa adanya dasar hukum yang mengaturnya dan kewajiban partai politik untuk melaksanakannya,” papar Oki Doni.

Oki DOni juga menambahkan, sesuai hasil pemilu legislative 2014 lalu, Partai NasDem memperoleh 2 kursi DPRD Tebing Tinggi dengan perolehan suara 6.841 suara. Maka sesuai dengan peraturan Kementerian Keuangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri maka ditentukan bantuan untuk partai politik sebesar Rp. 10.500 per suara.  Berdasarkan ketentuan tersebut, NasDem Tebing Tinggi memperoleh bantuan partai politik dari pemerintah sebesar. Rp. 71.830.500.

Dengan dana bantuan partai politik yang diberikan pemerintah tersebut, seluruh partai politik wajib melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat termasuk Partai NasDem. Hal ini disampaikan agar masyarakat memahami sekaligus terjadinya transparansi.

“Hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat karena NasDem dengan slogannya restorasi gerakan perubahan, berupaya untuk melakukan transparansi terhadap diri sendiri dan juga kepada masyarakat,” terang Oki.

Lebih jauh Oki juga melanjutkan, masyarakat perlu mendapatkan pendidikan politik karena masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan arah pembangunan Bangsa dan Negara.

Partai NasDem adalah sarana perjuangan masyarakat sesuai dengan misinya menjadikan Indonesia yang merdeka sebagai Negara, Bangsa berdaulat secara ekonomi dan bermartabat dalam budaya.

Berkenaan dengan kondisi Oki Doni sebagai petahana Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Pilkada 2017 mendatang menjelaskan, kegiatannya ini bukanlah kampanye.

“Saya perlu tegaskan, kegiatan ini bukan kampanye, bukan pula reses DPRD melainkan pendidikan politik yang dilaksanakan oleh DPD NasDem untuk sharing, tukar pikiran apa kira kira yang terbaik untuk pembanguan bangsa khususnya untuk pembangunan Kota Tebing Tinggi yang kita cintai ini,” ujar Oki.

Pendidik politik tersebut merupakan kegiatan pertama dari 10 rangkaian kegiatan pendidikan politik  yang rencananya akan dilaksanakan DPD NasDem Kota Tebing Tinggi sampai akhir tahun 2016 dan akan dilaksanakan dua kali di setiap kecamatan.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: