Jaksa yang Ditangkap Tangani Perkara Dahlan

0

JAKARTA (24 November): Jaksa Agung HM Prasetyo membenarkan oknum jaksa yang ditangkap Tim Sapu Bersih Pungli Jatim, merupakan anggota tim jaksa perkara mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Iya, salah satu jaksa yang menangani perkara Dahlan Iskan, namun saya tidak tahu apakah ada kaitannya,” katanya pada di sela acara Rakernas Kejaksaan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/11).

Prasetyo juga mengaku pihaknya telah memerintahkan untuk ditangkap karena terbukti penyimpangan.

“Saya sudah perintahkan untuk ditangkap karena terbukti penyimpangan,” kata Prasetyo seperti dilansir dari antaranews.com.

Lebih jauh Jaksa Agung HM Prasetyo menduga, oknum jaksa berinisial AF yang ditangkap saat menerima suap Rp1,5 miliar di Jawa Timur merupakan pelaku tunggal.

“Asumsinya pelaku tunggal, uang tidak mengalir kemana-mana,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya akan mendalami dengan memeriksa yang bersangkutan secara profesional, proporsional dan berintegritas. Prasetyo juga menegaskan pihaknya tidak segan-segan menindak tegas bagi oknum jaksa yang melakukan tindakan melanggar kode etik.

“Kita akan memeriksa saksi dan yang bersangkutan menerima uang. Kejaksaan Agung mengambil alih penanganan kasus itu dari Kejati Jatim,” tegas Prasetyo.

Saat ditanya sebenarnya penangkapan itu dilakukan oleh KPK tapi diamankan oleh Kejagung, ia membantahnya itu murni penangkapan oleh kejaksaan. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: