Kader NasDem Bali Dikawal Hingga Perbatasan

0

DENPASAR (30 November): Polda Bali akan mengawal lebih dari 5 ribu kader NasDem  yang akan berangkat ke Jakarta dalam rangka Pawai Budaya pada 4 Desember 2016 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua DPW Partai NasDem  Bali Ida Bagus Oka Gunastawa seusai melakukan audiensi dengan Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto di ruang Kapolda Bali, Rabu (30/11).

nasdem-bali-4122

Ia mengakui, Kapolda Bali pada awalnya belum mengetahui jika akan ada pengerahan ribuan massa kader Partai NasDem  Bali ke Jakarta karena memang sebelumnya sudah ada imbauan agar warga Bali tidak usah ke Jakarta dalam rangka aksi Super Damai 2 Desember 2016.

“Ketika kami menjelaskan bahwa ini bukan aksi demonstrasi tetapi hanya pawai budaya, Kapolda langsung menelepon ke Jakarta langsung di hadapan kami. Dan ternyata memang sudah ada koordinasi dengan Mabes Polri sehingga Pak Kapolda langsung merestuinya,” ujarnya.

Sekalipun mendapat restu, orang nomor satu di Polda Bali tersebut tetap memberikan beberapa perhatian khusus, terutama tetap menjaga kondusivitas keamanan dan kenyamanan Bali.

nasdem-bali-4126 nasdem-bali-4125 nasdem-bali-4128

“Kapolda tetap memberikan beberapa peringatan dan catatan yang perlu diperhatikan, terutama agar tetap menjaga suasana kondusif selama berada di Bali, dalam perjalanan ke Jakarta, dan sekembalinya dari Jakarta,” ujarnya.

Selama di Bali, Kapolda Bali akan berkoordinasi dengan seluruh Polres di Bali untuk mengawal rombongan sampai di perbatasan Bali.

nasdem-bali-4124 nasdem-bali-4129 nasdem-bali-41210

“Kapolda juga akan men-support dengan melakukan pengawalan selama perjalanan di Pulau Bali sampai di perbatasan Bali. Sementara setelah keluar dari Bali, pengawalan akan dilakukan oleh Polres setempat yang juga akan mengantarnya sampai ke perbatasan wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Setelah melakukan audiensi dengan Polda Bali, lanjut Gunastawa, seluruh DPD NasDem  di Bali juga beraudiensi ke seluruh Polres di Bali dan seterusnya.

“Setelah dari Polda Bali ini maka seluruh DPD NasDem yang ada di kabupaten dan kota di Bali akan melakukan hal yang sama sehingga semuanya terkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

nasdem-bali-4127

Setelah dari Polda Bali, tim langsung melakukan audiensi dengan Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Bali. Tujuannya sama seperti di Polda yakni memberitahukan bahwa akan ada 5 ribu warga Bali yang berangkat ke Jakarta pada 2 Desember nanti.

Untuk jumlah peserta, dalam kurun waktu dua hari membuka pendaftaran bagi kader NasDem  yang akan berangkat ke Jakarta, antusiasme kader sungguh luar biasa.

“Hingga saat ini sudah ada 5.139 kader yang sudah siap berangkat. Artinya sudah lebih dari kuota minimal yakni 5 ribu kader. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah sampai dengan sehari menjelang keberangkatan ke Jakarta. Jumlah kendaraan yang awalnya sebanyak 100 bus, kini bertambah menjadi 113 bus. Bila pendaftaran terus bertambah maka kemungkinan jumlah kendaraan akan ikut bertambah juga,” ujar Gunastawa, seperti dilansir dari mediaindonesia.com.

Untuk efisiensi waktu, kata Gunastawa, koordinasi keberangkatan akan dilakukan di tiap kecamatan. Panitia masih mempertimbangkan apakah akan berangkat bareng seluruh Bali atau bareng per kecamatan untuk menghindari kemacetan. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: