NasDem Sumut Persiapkan Bacaleg, Saksi TPS

0

MEDAN, SUMUT (5 Februari): Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem telah menyusun strategi dan mengeluarkan Peraturan Organisasi (PO) sebagai satu paket terkait Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Badan Calon Legislative (Bacaleg), saksi dan Caleg dalam rangka pemenangan Pemilu 2019.

DPP juga mengeluarkan PO tentang komisi saksi yang secara khusus menyusun saksi sejak saat ini. Komisi saksi ini nantinya ada  di tingkat pusat, wilayah, daerah hingga ranting.

nasdem sumut rakerwil2

Koordinator Wilayah (Korwil) Partai NasDem Wilayah Sumatera Utara (Sumut), Martin Manurung mengatakan hal itu pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumut di kantor sekretariat DPW Partai NasDem Sumut, Jalan Monginsidi Medan, Sabtu (4/2).

Rakerwil yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai 17.00 Wib itu, diikuti ratusan peserta dari Korda, Korpil, Anggota DPRD, Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten/ Kota  yang ada di Sumut.

Hadir Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Ir H Tengku Erry Nuradi Msi, dan Sekretaris DPW Partai Nasdem Sumut, Iskandar ST dan lainnya.

“Hanya PO tentang caleg yang masih disusun dan belum dikeluarkan. Jadi kedepannya tidak ada lagi cerita kita merekrut saksi di hari-hari terakhir. Kita sejak sekarang sudah mengerjakan perekrutan saksi. Pekerjaan itu dilakukan oleh komisi saksi Partai NasDem,” kata Martin.

nasdem sumut rakerwil

Martin mengibaratkan, pemenangan Pemilu merupakan salah satu ‘perang’ yang akan dihadapi karena memiliki lawan-lawan dari partai politik lainnya. Oleh Karen itu DPP telah membuat satu kebijakan dan membentuk Bappilu yang bersifat organik dan struktural.

“Jadi keputusan, taktik dan strategi yang diambil dalam rangka pemenangan Pemilu 2019 bisa dilakukan dengan cepat dan tepat,” tuturnya.

Martin juga meminta kadernya agar benar-benar serius menyusun kekuatan basisnya dan merekrut anggota dalam rangka pemenangan Pemilu 2019. Jika  ada dinamika maupun miss komunikasi dan lainnya yang menyebabkan hubungan struktur dengan DPRD kurang baik, maka Partai NasDem tidak lagi mengurus hal semacam ini di tahun 2017.

“Bagi Partai NasDem, DPRD dan struktur urusan semacam ini sudah selesai. Jika ada komponen  fraksi tidak memberikan perhatian, waktu dan tenaga untuk membesarkan partai, maka partai akan menentukan sikap bagi setiap kadernya. Tahun 2017 ini kita akan menilai itu semua. Dua komponen pertama dalam pemenangan Pemilu kita adalah struktur partai dan fraksi,” tegas Martin.

Komponen kekuatan pemenangan pemilu lainnya kata Martin, adalah kepala daerah yang juga salah satu modal cukup lumayan bagi Partai NasDem di Sumatera Utara ini.

“Kita mengucapkan syukur kepada Tuhan karena memiliki modal cukup lumayan di Provinsi ini,”ucapnya.

Martin menyebutkan, jika  keempat modal ini bisa bersatu padu dalam kontestasi Pemilu mendatang maka diyakini setiap kader Partai NasDem pada tahun 2019 akan tersenyum bangga  karena merupakan bagian dari partai pemenang pemilu.

“Kita harus yakin menang di tahun 2019 dan bersama-sama membesarkan partai ini,” tandas Martin.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Ir H Tengku Erry Nuradi Msi berharap, kader NasDem bisa berbesar hati melaksanakan seluruh program, peraturan dan kebijakan partai. Begitu juga dengan anggota DPRD di Kabupaten dan kota agar saling bahu membahu dengan pengurus DPD untuk memberikan perhatian kepada partai.

“Mulai hari ini kita sudah bisa membuat Dapilnya kira-kira yang mana. Begitu juga dengan bacalegnya untuk Pemilu mendatang. Mulai sekarang kita harus membina daerah mana yang akan kita ikuti Pilkada. Kriteria Bacalegnya nantinya akan dijelaskan,” ujar Erry Nuradi.

Erry juga menambahkan, DPP Partai NasDem saat ini sangat banyak memiliki program untuk dilaksanakan, termasuk salah satunya Akademi Bela Negara bagi para kader terbaik Partai NasDem.

“Ini sekolah untuk kader yang dibiayai DPP Partai NasDem. Jadi setiap DPD nanti diminta siapa saja kadernya yang akan disekolahkan,” ungkap Erry Nuradi.

Sedangkan Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar ST mengatakan, sesuai tema yang diusung dalam Rakerwil ‘MeNasDemkan Sumatera Utara Untuk Kemenangan Pemilu 2019’  saat ini DPW Partai NasDem Sumut fokus pada persiapan pendaftaran bacaleg, perekrutan saksi dan  Bapilu.

“Rakerwil pada hari ini sebagai  persiapan pendaftaran bacaleg maupun perekrutan saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka pemenangan Pemilu 2019. Program bacaleg untuk mencari caleg yang siap bertarung untuk merealisasikan target pemenangan Partai NasDem di Pemilu 2019,” ujar Iskandar. (*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: