NasDem Jakpus Siapkan ‘Mata-mata’ di TPS

0

JAKARTA (7 Februari): Jelang Pilkada DKI Jakarta 2017 yang tinggal beberapa hari ke depan, Partai NasDem melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Jakarta Pusat melakukan verifikasi kader untuk diterjunkan menjadi saksi.

Ketua DPD NasDem Jakarta Pusat, Lathifa Al Anshori mengatakan bahwa dirinya ingin memastikan keberadaan dan kesiapan saksi untuk disebar ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

lathifa tps

“Kita tidak boleh menganggap enteng penugasan saksi, karena merekalah mata kita di 1.237 TPS se-Jakarta Pusat nanti,” kata Lathifa, saat dihubungi lewat telepon, Selasa (07/02).

Sebelum diterjunkan ke masing-masing TPS, para saksi akan diperiksa terlebih dulu KTP-nya, apakah benar sesuai di lokasi mereka memilih. Selain itu, saksi juga diminta data nomor telepon untuk memudahkan koordinasi.

Lebih jauh Lathifa juga menjelaskan, perekrutan saksi dilakukan melalui kaderisasi yang sudah terbentuk di kecamatan hingga kelurahan. Menurutnya, saat ini sudah dilakukan verifikasi saksi di 44 kelurahan.

“Loyalis NasDem juga relawan Ahok-Djarot berbondong-bondong mau menjadi saksi di TPS untuk Pilkada ini,” lanjut Lathifa.

lathifa

Sementara melihat antusiasme dan komitmen saksi, Lathifa mengatakan, mereka yakin pasangan calon yang didukung Partai NasDem yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat bakal memenangi Pilgub DKI.

“Walaupun ada saksi-saksi yang merasa tertekan karena berada di wilayah yang dipenuhi spanduk-spanduk paslon lain, tapi semangatnya mendukung Pak Ahok dan Pak Djarot tidak luntur,” katanya.

Selain melakukan verifikasi, pihaknya juga memaparkan tentang apa saja peran dan tugas saksi di hari H dan setelah hari H. Termasuk turut mensosialisasikan cara mencoblos yang benar kepada masyarakat.

“Partai NasDem membekali seluruh saksinya dengan Buku Kader TPS. Dengan buku ini, para saksi bisa punya acuan bagaimana alur kerja di TPS dan tahapan pemungutan suara,” kata dia.

Para saksi juga bisa melaporkan hasil pantauannya melalui online dengan mendownload aplikasi yang sudah disediakan di Google Play Store. Lathifa juga mengatakan bahwa pihaknya sedang menyiapkan SMS center guna memudahkan para saksi untuk melaporkan hasil pantauannya.

Dengan semua perencanaan ini, Lathifa berharap para kader NasDem yang diterjunkan di tiap TPS mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal. (Fahrudin Mualim/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: