NasDem Inisiasi Hari Bumi dengan Tanam Mangrove

0

REMBANG, JATENG (22 April): Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh hari ini, 22 April, Partai NasDem menggelar penanaman mangrove di Kabupaten Rembang, Demak, Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan penanaman mangrove ini dinamakan Restorasi Pantai Utara Jawa Tengah yang merupakan inisiasi Partai NasDem dan bekerjsama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini digelar serentak di 14 kabupaten/kota sepanjang pantai utara Jawa Tengah dengan total 40.000 bibit mangrove yang ditanam. Penanaman bibit mangrove dihadiri langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Siswono Yudho Husodo, Ketua Fraksi DPR RI Partai NasDem Viktor Laiskodat, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan jajaran fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem, Siswono Yudho Husodo menjelaskan, kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk keprihatinan Partai NasDem terhadap kerusakan yang terjadi di Indonesia, baik berupa abrasi, deforestrasi, juga banjir rob, dan kebakaran hutan.

“Sesuai semangat yang melatarbelakangi lahirnya Partai NasDem, yakni Restorasi Indonesia, kita ingin mengajak kepada seluruh masyarakat melakukan peningkatan atas lingkungan hidup di daerahnya masing-masing. Kami berharap seluruh masyarakat di seluruh Tanah Air juga melakukan penghijauan di lingkungannya masing-masing,” ujar Siswono Yudho Husodo saat pelaksanaan penamanan mangrove, Sabtu (22/4).

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Viktor Laiskodat mengungkapkan, Partai NasDem berkomitmen agar kegiatan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan dengan melibatkan peran aktif masyarakat.

“Partai NasDem peduli untuk segera melaksanakan langkah-langkah konkret dalam rangka menyelamatkan situasi yang saat ini menjadi bencana di tempat ini. Tentunya bersama komponen seluruh masyarakat, kita terus bekerja dan melakukan langkah-langkah agar kondisi seperti ini tidak terulang lagi. Negara akan berkembang kalau partisipasi masyarakat berperan secara luar biasa. Karena itu, kita mendorong kepada seluruh komponen agar membangun lingkungan dan alam di Indonesia dengan baik,” pungkas Viktor Laiskodat.

Kegiatan penanaman mangrove ini pun diapresiasi Lembaga Prestasi Indonesia dunia atas inisiatif merehabilitasi mangrove di pantai utara Jawa Tengah.(Fahrudin Mualim/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: