Pertarungan Sesungguhnya adalah Kelangsungan Komitmen Nasionalisme

0

JAKARTA (8 Mei): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan fondasi ideologi bangsa Indonesia harus tetap dijaga dengan baik. Bila itu tidak dilakukan, maka sikap pragmatisme yang akan muncul.

“Ketika fondasi ideologi tidak terjaga secara baik, maka kita berubah menjadi individu yang bersikap lebih pragmatis. Kepentingan kita tidak lagi kepentingan jangka panjang, tapi berhenti pada kepentingan jangka pendek,” kata Surya dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI jakarta, di Jakarta, Senin (8/5).

Sikap pragmatisme tersebut, sambung Surya, kemudian dihadapkan kepada kepentingan materialisme dan individualisme. Jika pragmatisme tersebut lebih dikedepankan, menurutnya, maka itu akan melemahkan posisi bangsa dan negara ini.

“Kita berhadapan dengan potret sosial ketika kita sudah tidak lagi memiliki komitmen menjaga dan mendahulukan kepentingan yang lebih besar, lebih strategis walaupun itu jangka panjang,” ujarnya, seperti dikutip dari mediaindonesia.com.

Surya pun menyampaikan bahwa saat ini Indonesia membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki komitmen untuk bangkit dan memperkuat NKRI. Pasalnya, sistem demokrasi yang diterapkan saat ini justru tidak digunakan untuk memperkuat jati diri bangsa.

“Pertarungan sesungguhnya yang paling besar itu bukan soal pilkada, pertarungan yang paling besar sekarang ini dan ke depan ialah masalah kelangsungan komitmen nasionalime, ideologi pancasila, NKRI, tetap tegak berdiri atau terkalahkan. Itu pertarungan sesungguhnya,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: