Kelebihan Alquran Digital NasDem

0

JAKARTA (28 Mei): Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menggelar acara buka puasa bersama sekaligus meluncurkan Alquran Digital persembahan Partai NasDem di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso 46 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, (28/05). Alquran hasil prakarsa dan telah dirintis anak-anak muda NasDem ini memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan bagi para pengguna.

“Tentu ini hasil dari prakarsa yang telah dirintis oleh anak-anak muda NasDem. Semoga dengan diluncurkannya program Alquran Digital ini akan memperkuat syi’ar agama Islam, baik yang di dalam maupun di luar negeri,” ujar Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem saat memberikan sambutan

Alquran Digital persembahan Partai NasDem ini dilengkapi dengan ilmu tajwid dan terjemahan per ayat, sehingga memudahkan siapapun yang ingin lancar membaca dan memahami Alquran. Terdapat fitur “continue” atau “Terakhir Baca” yang berguna untuk memastikan pengguna dapat melanjutkan bacaan sebelumnya. Jika ingin mendengarkan merdunya lantunan ayat-ayat suci Alquran, tersedia fitur murottal.

Alquran Digital persembahan Partai NasDem ini juga menyediakan 99 Asmaul Husna atau Asma Allah. Selain itu, Alquran persembahan Partai Nasdem ini juga memuat terjemahan 11 bahasa asing, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Jerman, Prancis, Jepang, Rusia, Spanyol, China, Finlandia, dan India. Keberagaman terjemahan bahasa ini menjadikan Alquran Digital Partai NasDem seakan mencakup dunia dalam satu aplikasi.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dan sumbangsih Partai NasDem terhadap kekayaan Nusantara, Alquran Digital persembahan Partai NasDem ini juga memasukkan bahasa Ibu Pertiwi atau bahasa daerah. Saat ini setidaknya ada sejumlah bahasa daerah, seperti Aceh, Batak Angkola, Dayak Kanayatn, Jawa Banyumasan, Kaili, Makassar, Minang, Mongondow, Sasak, serta Toraja, yang menjadi terjemahan dalam Alquran Digital persembahan Partai NasDem. Fitur ini nantinya akan terus berkembang mengikuti terjemahan bahasa daerah yang dapat dipertanggungjawabkan. Alquran digital persembahan Partai NasDem semakin lengkap karena terdapat fitur Asbabun Nuzul atau sejarah turunnya Alquran.

Bagi pengguna yang sedang dalam perjalanan atau musafir tidak perlu khawatir karena Alquran Digital persembahan Partai NasDem ini juga menyediakan fitur masjid terdekat untuk memudahkan pengguna mengetahui lokasi masjid terdekat yang terintegrasi dengan ¬Global Position System (GPS) dan Google Maps. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengetahui jadwal sholat secara realtime mengikuti ketetapan pemerintah kota/kabupaten yang dikehendaki.

Alquran Digital yang diluncurkan Partai NasDem telah mendapatkan sertifikat Tashih dari Kementerian Agama, karena telah teruji, baik ayat-ayat maupun terjemahannya. Jadi secara keseluruhan yang ada di Alquran Digital ini sudah melalui tahapan atau mekanisme ketashihan yang ditentukan oleh Kemeterian Agama, sehingga terjamin isinya. (Fahrudin Mualim/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: