Aliansi Pemuda DKI Bentuk Posko Pengaduan Korban Persekusi

0

JAKARTA (2 Juni): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem DKI Jakarta, Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem DKI Jakarta, Keluarga Besar Pengurus Daerah (KB PD) XI FKPPI DKI Jakarta, serta PW GP Ansor DKI Jakarta membentuk Aliansi Bersama Pemuda DKI Jakarta. Pembentukan aliansi bersama ini untuk menyikapi aksi persekusi oknum atau anggota organisasi masyarakat (Ormas) tertentu yang saat ini semakin marak terjadi.

“Aliansi bersama ini untuk menyikapi aksi persekusi yang dilakukan oleh oknum atau Ormas yang mengatasnamakan suku, agama, maupun ras yang telah menimbulkan korban dan viral di media,” ujar Sekretaris Garda Pemuda Nasdem DKI Jakarta, Anwar Sjani, saat menggelar konferensi pers di Kantor GP Ansor DKI di Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (02/06).

Lebih lanjut Anwar mengungkapkan, sikap yang akan diambil Aliansi Bersama Pemuda DKI Jakarta ini mengedepankan penegakan hukum dari pada aksi main hakim sendiri. Aliansi Bersama akan bertindak atau beraksi terhadap setiap aksi persekusi, intimidasi, dan teror yang dilakukan oknum atau Ormas.

Selain membentuk Aliansi Bersama, elemen organisasi kepemudaan ini juga membentuk posko pengaduan atau Crisis Center. Hal ini sebagai bentuk keprihatinan atas aksi persekusi yang belakangan ini marak terjadi. Untuk itu, adanya Crisis Center ini guna memberikan pendampingan bagi korban yang mendapat persekusi.

“Tim Reaksi Cepat di lapangan siap bergerak untuk membantu korban di 44 kecamatan DKI Jakarta, seperti memberikan pendampingan hukum,” ujar Anwar Sjani.

Anwar meminta kepolisian bergerak cepat meni dak tegas pelaku persekusi. Sebab tindakan persekusi bertentangan dengan semangat demokrasi yang menjamin kebebasan berekspresi setiap warga negara Indonesia serta menabrak azas praduga tidak bersalah.

“Semua warga negera dilindungi undang-undang dalam menyampaikan pendapat dan berekspresi. Tapi kalau ada yang dirasa menyinggung ada proses hukum yang bisa ditempuh tindak intimidasi, pemaksaan kehendak, apalagi dengan kekerasan,” ujar Anwar.

Nantinya, jika ada masyarakat yang mendapat persekusi, intimidasi, maupun teror dapat melaporkannya ke posko pengaduan yang telah disediakan, yakni di kantor BAHU NasDem DKI Jakarta di Gedung DPW NasDem Jakarta Lt. 1 Jalan R.P Soeroso No. 44-46, Gondangdia Lama, Jakarta Pusat.(Fahrudin Mualim/*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: